Berita :: GLOBALPLANET.news

Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli terpilih menjadi Ketua KPK 2019-2023. Lalu siapa Kapolda Sumsel selanjutnya? (Foto: Rio Siregar)

13 September 2019 09:46:00 WIB

JAKARTA GLOBALPLANET - Irjen Pol Firli Bahuri terpilih menjadi Ketua KPK lewat penunjukan langsung di Komisi III DPR RI. Jenderal bintang dua ini saat ini menjabat Kapolda Sumsel dan bukan sosok baru di KPK.

Jenderal polisi asal Sumsel ini pernah menduduki jabatan setingkat deputi di KPK. Proses pemilihan Firli sempat menemui hambatan, karena terdapat surat dari KPK kepada Komisi III DPR RI yang ingin menjegal Firli menjadi pimpinan KPK. Dalam surat yang menuai polemik itu, menyebutkan bahwa Firli pernah melakukan tindakan kurang etis saat di KPK.

Namun Komisi III punya pertimbangan dan penilaian lain. Dan akhirnya Firli menjadi orang kedua asal Sumsel menjadi Ketua KPK setelah Antasari Azhar.

"Berdasarkan diskusi dan musyawarah seluruh fraksi hadir, dihadiri kapoksi dan perwakilan fraksi-fraksi menyepakati untuk menjabat pimpinan Ketua KPK masa bakti 2019-2023 sebagai ketua yang pertama adalah Firli Bahuri," kata Ketua Komisi III DPR Azis membacakan hasil voting di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (13/9/2019) dini hari.

Sebelum penunjukkan Firli menjadi ketua KPK, seperti dikutip Inilah, diadakan voting untuk penentuan lima komisioner baru KPK dari 10 calon yang ada. Firli berhasil mendapat suara dari semua anggota Komisi III DPR yang berjumlah 56 orang.

Kelima capim KPK terpilih tersebut adalah

1. Firli Bahuri (Polisi), 56 suara
2. Alexander Marwata (Komisioner KPK), 53 suara
3. Nurul Ghufron (Akademisi), 51 suara
4. Nawawi Pomolango (Hakim Tinggi), 50 suara
5. Lili Pintauli Siregar (Advokat), 44 suara.

Tidak terpilih:
1. Sigit Danang Joyo (PNS Kemkeu), 19 suara
2. Luthfi Jayadi Kurniawan (Akademisi), 7 suara
3. I Nyoman Wara (Auditor BPK), 0 suara
4. Johanis Tanak (Jaksa), 0 suara
5. Roby Arya Brata (PNS Setkab), 0 suara

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 209