Berita :: GLOBALPLANET.news

Para jamaah shalat minta hujan di lapangan bola kaki UIN Raden Fatah, Kamis (19/9/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

19 September 2019 12:53:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Di tengah hamparan kabut asap ratusan mahasiwa UIN Raden Fatah bersama Rektor, Dosen dan lembaga sekitar melaksanakan Shalat Istisqa atau shalat minta hujan di lapangan bola UIN Raden Fatah, Kamis (19/9/2019).

Pantauan di lapangan, Shalat Istisqa dimulai pukul 10:30 WIB dan dipimpin oleh Ustad Bambang Prasetyo M.Pd.I selaku Imam dan Khotib.

"Saat ini, kabut asapnya sudah terlalu pekat. Kami shalat untuk meminta hujan kepada Allah SWT. Turun tidaknya hujan ada ditangan Allah SWT hujan dia akan menurunkan hujan apabila menghendaki dan tidak menurunkan jka dia menghendaki," kata dia di hadapan jamaah shalat Istisqa.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang Prof Dr Sirozi, mengatakan shalat Istisqa yang baru pertama kali dilakukan ditahun ini merupakan bentuk ikhtiar sebagai orang beriman.

"Alhamdulilah seluruh keluarga UIN dan tetangga kita ikut telah melaksanakan Shalat Istisqa meskipun di tengah kabut asap tebal, kami tetap berikhtiar dan mendoakan Sumsel diguyuri hujan agar tanaman hidup lagi dan kebakaran hutan juga berkurang," ungkap Sirozi.

Sirozi menyebutkan Shalat Istisqa akan dilakukan lagi jika belum ada perubahan dan kemarau masih terus berlanjut.

Ia menambahkan untuk sementara jadwal kuliah belum ada perubahan, akan tetapi ia tetap menghimbau mahasiswa dan dosen agar tetap berhati-hati saat aktifitas di luar.

"Jadwal kuliah masih seperti biasa belum ada perubahan, karena itu di pagi dan sore hari terutama saya himbau dosen dan agar mahasiswa pakai masker," tambahnya

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 115