Berita :: GLOBALPLANET.news

Pesona Bukit Telunjuk atau Serelo dilihat dari Jalinsum. (Foto: Ferry Andhika)

21 September 2019 12:43:28 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Jika berkunjung ke Kabupaten Lahat, di Sumatera Selatan, Bukit Serelo atau Bukit Telunjuk akan menyambut. Sesuai namanya di bukit yang memiliki bentuk yang unik menyajikan panorama indah di gugusan bukit barisan dan belahan Sungai Lematang yang meliuk-liuk.

Kabupaten Lahat, merupakan salah satu Kabupaten dari 17 Kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan, Indonesia. Terletak antara 3,25 derajat sampai dengan 4,15 derajat lintang 102,37 derajat sampai dengan 103 derajat bujur timur atau sekitar 249 kilometer atau sekitar enam jam dari Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Kabupaten yang berjuluk, Bumi Seganti Setungguan ini, memiliki luas wilayah 4.361,83 Kilometer, dengan 24 kecamatan, 17 kelurahan dan 360 desa, populasi 384.600 jiwa.

Kabupaten yang kini menginjak usia 150 tahun ini, dikenal dengan salah satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki keindahan alam dan keragaman budaya. Mulai dari wisata megalit, ratusan air terjun dan wisata kuliner khas. Bukit Telunjuk atau Serelo yang terlihat jelas dari angkutan lintas Sumatera (Jalinsum), sudah sangat dikenal dan menjadi ikon. Bahkan PT Kereta Api Divre III Palembang sejak dahulu mengoperasikan kereta Serelo.

Bukit Telunjuk adalah nama yang paling dikenal oleh masyarakat, hal ini memang tertuju pada bentuk dari bukit itu sendiri yang unik berbentuk seperti Telunjuk yang terletak di Desa Perangai,  Kecamatan Merapi Selatan. Kalau diperhatikan, bentuknya memang unik karena seperti sedang menunjuk ke langit. Masyarakat setempat pun percaya bahwa bukit tersebut mengingatkan manusia bahwa masih ada Tuhan yang posisinya lebih tinggi sehingga kita pun harus tetap membumi. Pesona bukit yang begitu menakjubkan membuat banyak pendaki lokal bahkan dari luar daerah yang penasaran ingin menyaksikan bentuknya yang asli dari dekat.

Selain menjadi wisata, Bukit Telunjuk juga mejadi ciri khas dan icon masyarakat Kabupaten Lahat. Bukit Telunjuk memiliki pagar alam yang mempesona, menjadi alternatif wisata yang menarik untuk dikunjungi yang siap membuat kagum wisatawan dengan panorama alam yang cantik. Dikelilingi Sungai Lematang, Bukit Serelo puncak yang menyerupai telunjuk manusia raksasa.

Di sekitar bukit yang merupakan salah satu bagian dari bukit barisan ini dikelilingi oleh Sungai Lematang yang membuat pemandangan di sekitar bukit semakin mempesona. Bagian bawah bukit inipun kerap dijadikan tempat berkemah ataupun untuk rekreasi. Sebagai catatan butuh ekstra kehati-hatian jika ingin camping di atas bukit ini, karena angin cukup kuat sehingga mampu menerbangkan tenda, belum lagi disertai hawa yang cukup dingin.

Untuk menikmati panorama dari ketinggian 900 Meter di atas Permukaan Laut (MDPL) dari atas bukit ini bukanlah merupakan suatu perkara yang mudah, hal ini dikarenakan selain jarak pendakiannya yang cukup jauh (sekitar dua jam dari titik awal pendakian Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat), licin serta terjal dimana sudut pendakiannya bisa mencapai hingga 75 derajat. Selain itu  Bukit Serelo merupakan bukit bebatuan yang hanya ditumbuhi oleh semak-semak mirip ilalang. Di sekitar lereng bukit ini terdapat sumber mata air jernih (185 m). Selain itu juga terdapat sebuah pemandangan yang indah berupa koleksi bebatuan grfitti yang halus (540 m) yang terletak di bagian tebing puncak. 

Untuk mencapai semua itu, wisatawan menggunakan jalur darat dan harus melakukan pendakian. Dari pusat Kota Lahat, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun empat sekitar setengah jam, menuju Desa Ulak Pandan atau titik awal pendakian. Wisatawan hanya akan dikenakan tarif memasuki kawasan wisata sebesar Rp 5000 dan apabila membawa kendaraan akan dikenakan Rp 5000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Namun, tak usah khawatir, sesampainya di atas semua akan terbayar, akan dibuat kagum dengan keindahannya. Pesona Kabupaten Lahat dari atas puncak Bukit Serelo yang dikelilingi aliran Sungai Lematang bisa dilihat dengan puas, ditemani dengan sunset menawan di sore hari.

Di daerah ini juga terdapat Sekolah Gajah Perangai yang berlokasi di kaki Bukit Serelo. Merupakan tempat dilatihnya gajah-gajah agar menjadi jinak sehingga dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan-pekerjaan terutama yang membutuhkan tenaga yang cukup besar, seperti mengangkut benda-benda yang sulit diangkat manusia. Paling tidak ada sekitar 10 ekor gajah sudah dilatih di tempat ini. Namun belum semua gajah bisa melakukan atraksi dan berinteraksi dengan pengunjung. Anda bisa memanfaatkan kesempatan berfoto bersama gajah-gajah tersebut atau kita juga bisa jalan-jalan menikmati pemandangan alam dengan naik gajah.

Di area seluas 210 hektar ini Anda juga bisa menambah pengetahuan karena ada beberapa flora dan fauna asli Indonesia. Misalnya puspa (Schima walichii), sungkai (Peronema canesem) dan jenis-jenis lain yang tumbuh pada hutan sekunder. Sedangkan jenis fauna yang hidup di Bukit Serelo adalah kera ekor panjang (Macaca fascicularis), cengkok (Macaca sp.), kancil (Trangulu sp.), rusa (Cervus sp.), kijang (Muntiacus muncak), babi rusa (Sus sp.) dan berbagai jenis burung serta ayam hutan.

Bila malam tiba, dari atas Bukit Serelo Anda dapat menyaksikan gemerlap lampu rumah warga layaknya gugusan bintang yang bertaburan di bumi. Dan hal lain yang sangat istimewa yang dapat dilakukan oleh Anda adalah menanti detik-detik munculnya matahari. Kilatan sinar matahari yang begitu hangat di pagi hari dengan warnanya yang keemasan serta tampilan background berwarna hijau dari pepohonan serta bukit-bukit lain seperti Bukit Kelingking, Bukit Perawan, dan Bukit Tikus menjadikan foto dalam bingkai terlihat begitu eksotis. Bahkan kalau cuaca sedang cerah, jarak pandangnya makin jauh hingga bisa menyaksikan Sungai Lematang yang mengular membelah Kabupaten Lahat.

Untuk diketahui, wisata Bukit Serelo atau Bukit Telunjuk ini merupakan wisata favorit semua usia. Mulai dari palajar, dewasa maupun orang tua meskipun harus mendaki dan melewati medan yang tidak mudah. Tidak hanya wisatawan lokal di Kabupaten Lahat, namun keindahan alam yang disajikan juga memikat wisatawan luar daerah bahkan wisatawan dari luar negeri. 

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 99