Berita :: GLOBALPLANET.news

Kabid Ketenagakerjaan, Joni Perdi, dari Dinas Koperasi dan UKM, ketenagakerjaan dan Transmigrasi Empat Lawang berkordinasi ke pihak sekolah SMK N 1 Empat Lawang untuk mengurangi angka pengangguran di Empat Lawang, Kamis (3/10/2019). (Foto: Rody Hartono)

03 Oktober 2019 18:22:07 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Dinas Koperasi dan UKM, Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Empat Lawang berkoordinasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) N 1 Empat Lawang dalam mengatasi persoalan pengangguran di Kabupaten Empat Lawang yang dalam hal ini ialah persiapan penyampian informasi bursa kerja.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Tenagakerja dan Transmigrasi, Kuswinarto, melalui Kabid Ketenagakerjaan, Joni Perdi mengatakan bidang Ketenagakerjaan berkordinasi ke pihak sekolah kejuruan dengan harapan bisa mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Empat Lawang.

"Karena SMK memiliki bursa kerja khusus yang juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan. Nanti pemerintah Empat Lawang mengadakan pelatihan untuk masyarakat Empat Lawang, akan ada bursa kerja khusus, masyarakat Empat Lawang bisa dikirim bekerja," kata Joni Perdi, Kamis (3/10/2019).

Saat ini pihak Ketenagakerjaan baru menjalin komunikasi kepada SMK 1 Empat Lawang dan tidak menutup kemungkinan ke depan bakal mengunjungi SMK lain yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

Dijelaskan Joni sajauh ini belum banyak perusahaan menanamkan investasi di Empat Lawang, untuk itu ke depan Dinas koperasi, UKM dan tenaga kerja khususnya bidang tenaga kerja berusaha menjalin kerja sama pihak-pihak terkait, seperti SMK yang ada di kabupaten Empat Lawang yang sudah memiliki BKK dan kerjasama dengan pihak eksternal.

"Pihak tenaga kerja akan selalu berupanya dalam menjalankan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang terkait dengan pengurangan angka pengangguran dan angka kemiskinan, salah satunya ikut serta dalam program TKPK, terus juga ke depan pihak tenaga kerja akan menjalin kerja sama dengan pihak Balai Latihan Kerja yang ada di Sumatra Selatan, dikarenakan di tahun ini pihak perumahan dan pemukiman Empat Lawang baru menyiapkan lahan untuk BLK," terangnya.

Tidak itu saja, kedepan bidang tenaga kerja akan lebih megoptimalisasikan kerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang ada di kabupaten Empat Lawang terutama yang sudah terdaftar di Kemenaker karena LPK merupakan mitra eksternal yg tujuannya sama yaitu pelatihan tenaga kerja siap pakai dan pada akhirnya dapat mengurangi angka penganguran.

Sementara itu, Kepala SMK Negeri 1 Empat Lawang Saiful Efendi mengatakan, SMK sendiri memiliki bursah kerja baik itu dalam negeri maupun luar negeri bahkan sudah banyak anak dari Empat Lawang bekerja di Luar Negeri seperti Malaysia dan Jepang.

"Sudah ada berangkat keluar negeri bahkan Tamatan SMK sendiri sudah banyak bekerja seperti di Indomaret, Alfamart, ditarik di Perusahaan tambang termasuk gruop perusahaan Astra," jelasnya. 

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 243