Berita :: GLOBALPLANET.news

Aksi Kampanye Suara Sahabat Palembang di Bundaran Air Mancur Masjid SMB Jayo Wikramo, Jumat (4/10/2019)/(FOTO : RACHMAD KURNIAWAN).

04 Oktober 2019 11:46:27 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Memperingati hari hewan sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat (4/10/2019), Suara Sahabat Palembang merupakan perkumpulan penyayang hewan melakukan kampanye melindungi hewan terlantar di Bundaran Air Mancur Masjid SMB Palembang.

Syarif selaku koordinator kampanye mengatakan kampanye yang ia lakukan saat ini adalah mengingatkan kepada masyarakat bahwa planet bumi bukan hanya untuk ditinggali oleh manusia, tetapi  juga hewan yang berdampingan dengan kita.

"Jika ada yang mengabaikan atau bahkan menggangu kehidupan mereka (hewan) maka keseimbangan kehidupan bumi akan terganggu. Bukan hanya kami, Palembang, tapi seluruh dunia saat ini sedang menyuarakan hal yang sama," katanya Syarif di tengah aksi kampanyenya.

Sementara untuk di Palembang, kata dia, rekan-rekan yang berada dalam perkumpulan pecinta hewan saat ini sedang berkunjung ke tempat penampungan hewan terlantar untuk memberikan bantuan kepada hewan.

Ketika melakukan kampanye pihaknya nampak tak membawa hewan untuk mendampingi. "Kita juga hari ini tak bisa membawa hewan karena cuaca cukup terik takutnya mereka nanti stress," kata dia.

Menurutnya memang ada Undang-Undang  hewan yang melindungi hewan  tapi itu belum memadai, karena tidak ada perlindungan bagi hewan terlantar seperti anjing dan kucing.

Ditanya soal karhutla yang menghanguskan rumah hewan di alam liar, Syarif menambahkan, manusia lah yang masuk ke habitat dan membuat para hewan merasa terusir.

"Saat itu ada beberapa waktu lalu saya lihat di medsos ada hewan yang terjebak didalam karhutla kemudian mati. Ini kembali lagi ke pemerintah yang punya otoritas supaya cepat ditangkal untuk kedepannya, kalau tidak anak cucu kita tak bisa lagi melihat keanekaragam karena ulah kita," pungkasnya.

 

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : AT Alam 52