Berita :: GLOBALPLANET.news

KPK kembali mengamankan kepala daerah dalam sebuah OTT. Kali ini di Lampung Utara. (Ilustrasi: Ist)

07 Oktober 2019 10:57:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah. Kali ini pada Minggu (6/10/2019) malam Satgas KPK diduga mengamankan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara bersama enam orang lainnya.

KPK juga menyita sejumlah uang yang diduga bagian dari tindak pidana suap. "Total uang yang diamankan sekitar Rp 600 juta. Diduga terkait dengan proyek di Pemkab Lampung Utara," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Senin (7/10/2019).

Mereka yang diamankan langsung digiring ke Kantor KPK di Jakarta untuk proses selanjutnya. KPK memiliki waktu paling lama 24 jam untuk menentukan status perkara dan status hukum mereka yang diamankan. "Info lebih lanjut akan kami sampaikan melalui konferensi pers malam ini," kata Febri.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan, OTT dilakukan setelah terjadi penyerahan sejumlah uang diduga untuk Bupati Lampung Utara. Saat ini barang bukti uang tersebut tengah dihitung jumlahnya.

Sumber: Liputan6

"(OTT) diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Kabupaten Lampung Utara. Untuk pengamanan awal, tim telah menyegel sejumlah benda dan lokasi," ujar Syarif sebelumnnya.

Jika benar Bupati Lampung Utara terjaring OTT KPK, maka dia menyusul Bupati Muara Enim Sumsel Ahmad Yani yang juga terjaring OTT KPK beberapa waktu lalu. Keduanya menghadapi dugaan yang sama, yakni terkait anggaran proyek di dinas masing – masing.

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 80