Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska), Hermanto Dwiatmoko memberikan sambutan dalam Lokakarya Peran LRT meningkatkan perekonomian Sumsel, di Hotel Beston Palembang, Selasa (8/10/2019)/(FOTO : AT ALAM)

08 Oktober 2019 18:59:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Masyarakat Perkeretaapian Indonesia (Maska), Hermanto Dwiatmoko menilai jika saat ini moda transportasi Light Rail Transit (LRT) Palembang terus melakukan pembenahan di segala ini.

Pihaknya menilai jika masyarakat Sumsel, khususnya Palembang belum sepenuhnya memiliki kesadaran sendiri untuk menggunakan alat transportasi tersebut dalam kehidupan sehari harinya. 

"Maska bisa memberikan kajian kajian terhadap peran pemerintah daerah membantu memaksimalkan operasionalnya. Seperti usula  pengaturan antar moda, pengeluaran kebijakan pengaturan rute penumpang umum sehingga tidak ada konflik yang muncul," katanya di Palembang, Selasa (8/10/2019). 

Agar maksimal, perlu dilakukan pembahasan lanjutan bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah, universitas, dan operator sendiri yakni PT KAI tetap berperan dalam operasional LRT.

"Sebagai bagian dalam Maska, salah satu cara kami memberikan masukan bagaimana untuk meningkatkan jumlah penumpang LRT serta kajian dari hasil penelitian dari mahasiswa," ujarnya

Dalam meningkatkan jumlah penumpang Persoalan angkutan massal perkotaan kata Hermanto masih memerlukan waktu, sekalipun MRT seperti di Jakarta tidak bisa bertambah dengan cepat dalam waktu singkat.

"Disini juga diperlukan pengubahan kebiasaan (habit) masyarakat itu sendiri. Tentunya didukung dengan sejumlah beragam kemudahan Transit oriented development (TOD).

"Ini tugas bersama kita untuk mempromosikan karena biaya pembangunan sangat besar. Namun, terlepas dari itu adanya LRT memberikan multiflyer effect meningkatkan aktifitas baru seperti peningkatan harga tanah, menghemat waktu, kemacetan berkurang dan masih banyak lagi," pungkasnya. 

Reporter : AT Alam Editor : AT Alam 97