Berita :: GLOBALPLANET.news

Satan Kecamatan SP Padang di OKI Expo. (Foto: Eko Saputra)

13 Oktober 2019 13:21:45 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Sebagai bentuk dukungan dalam mensukseskan event tahunan pada peringatan hari jadi ke 74 tahun Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pemerintah Kecamatan SP Padang beserta desa-desanya turut ambil bagian, untuk ikut menampilkan pameran pembangunan dengan mengisi stand OKI Expo 2019, yang berada di halaman Parkir GOR Perahu Kajang Kayuagung.

"Kecamatan SP Padang beserta desa-desanya optimis untuk ikut bergerak Maju Bersama menuju Ogan Komering Ilir yang lebih maju dan sejahtera," ungkap Camat SP Padang, Agma Yuska, S.STP, ketika diwawancara GLOBALPLANET, Minggu (13/10/2019).

Lebih lanjut disampaikannya, untuk stand Kecamatan SP Padang, pihaknya menampilkan tema lahan persawahan padi yang terbentang luas dan menguning, seakan-akan siap untuk di panen oleh masyarakat di Kecamatan SP Padang.

 Hal ini merupakan salah satu dari sisi perwujutan ataupun gambaran sekilas yang berada di Kecamatan SP Padang dari sektor pertaniannya.

"Komitmen Bupati OKI, Iskandar, SE, dalam mensejahterakan masyarakat di Kecamatan SP Padang dalam bidang pertanian, telah dibuktikannya dengan membangun pintu air dan normalisasi sungai. Sehingga lahan pertanian yang semula tidak dapat ditanam, sekarang sudah dapat ditanam, bahkan masyarakat sudah berhasil melaksanakan panen padi 3x setahun atau yang disebut IP 300," jelasnya.

Dengan terlaksananya pembangunan pintu air di desa-desa dalam Kecamatan SP Padang, hal ini dapat menyumbang pemerataan supplay air bagi para petani, termasuk juga dapat mengkontrol atau mengatur jadwal musim tanam yang merata, sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian. 

"Pengaturan musim tanam yang terjadwal berguna untuk memperpendek masa tanam sampai kepada masa panen, sehingga petani dapat menanam kembali persawahannya hingga sampai 2 atau 3 kali dalam setahun, dengan adanya tata kelola air yang baik melalui pembangunan pintu air yang telah terwujud," beber Agma Yuska, sembari menambahkan, termasuk juga bagi sawah masyarakat yang selama ini terbengkalai atau tidak dapat ditanam dan mudah-mudahan SP Padang dapat menjadi pusat tempat panen raya di tahun depan oleh Pemkab OKI.

Ditambahkan oleh Kades Desa Terate, Hamdani Supardansa, pada event OKI Ekpo di tahun 2019 ini, sama seperti pada desa-desa lain yang ada di kabupaten yang berjulukan Bumi Bende Seguguk ini. Kami desa-desa di Kecamatan SP Padang juga turut ambil bagian untuk memeriahkan hari jadi Kabupatem OKI yang ke- 74, dengan menampilkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di desa - desa kami.

 Seperti halnya usaha Perbengkelan yang ada di Desa Terate, usaha Catering Desa Pantai, Peternakan Ikan Patin Desa Ulak Jeremun dan Pabrik Penggilingan Padi Desa Serdang Menang dan lain sebagainya," kata Hamdani.

Sementara itu, terpisah, Kiki, salah satu pengurus EO KNP Solution pada event OKI Expo 2019 menjelaskan bahwa mereka tidak hanya dimintah oleh Pemkab OKI untuk mensukseskan event OKI Expo 2019 ini, dengan berbagai macam hiburan pertunjukan, perlombaan, kemudian menampilkan artis penyanyi bergenre pop dance asal Negeri Jiran Malaysia Nor Ashima Ramli yang akrab disapa Baby Sima dan pameran saja, agar OKI Expo di tahun 2019 menjadi sebuah pesta bagi rakyat OKI.

"Kita juga diminta menyiapkan stand untuk BUMDes dan UMKM pada event ini yang berbeda pada tahun sebelumnya yang hanya menyuguhkan pameran-pameran dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berupa produk dan keberhasilannya. Baik itu dalam segi pencapaian, pembangunan dan beberapa hal lainnya," katanya sembari berharap mudah-mudahan masyarakat OKI bisa menikmati dan ikut merasakan event yang menjadi pesta rakyat ini. 

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 663