Berita :: GLOBALPLANET.news

Siswa MTs Darussalam tengah mengerjakan tugas prakarya yang diberikan sekolah untuk membina keterampilan. (Foto: Ist)

13 Oktober 2019 15:39:19 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - MTs Darussalam di Desa Jatisari, Kecamatan Madang Suku I, OKU Timur Sumsel, membutuhkan bantuan komputer. MTs milik sebuah pondok pesantren ini kondisinya belum stabil sehingga membutuhkan dukungan pihak luar.

Salah seorang guru MTs Darussalam, Muhammad Abror mengatakan, MTs Darussalam memiliki sekitar 37 orang siswa kelas satu dan dua yang berasal dari Desa Jatisari dan desa sekitar. Sekarang  yang sangat dibutuhkan adalah komputer agar anak-anak tidak Gaptek dan sarana olahraga supaya anak-anak sehat. Namun untuk memenuhi kebutuhan tersebut belum ada dana. Karena itu, diharapkan ada pihak-pihak yang bersedia membantu demi kemajuan MTs yang berdiri sejak 2017.

"Kita memang membutuhkan komputer agar anak-anak kita tidak gaptek, terlebih saat ini teknologi terus berkembang," ujarnya, Minggu (13/10/2019).

Tenaga pengajar maupun guru sebagian besar dari warga Desa Jatisari yang secara sukarela menjadi relawan, yang memiliki keinginan agar anak-anak di Desa Jatisari dan sekitarnya memiliki ilmu pengetahuan agama dan formal yang cukup tinggi.

"Untuk gaji saat ini belum ada namun terkadang mendapat bantuan dari kiyai yang ada di Ponpes, tapi sudah mengajukan ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) namun prosesnya cukup lama. Untuk proses belajar mengajar sama dengan sekolah lain," katanya.

Dia menjelaskan kondisi gedung sekolah sudah permanen dananya berasal dari kiyai dan sumbangan warga. Berdiri sejak 2017, dengan  tujuan tidak lain untuk  mencerdaskan generasi muda. Bantuan untuk siswa dari pemerintah sudah ada. Selain belajar formal anak-anak juga diajarkan keterampilan agar kelak bisa menjadi modal dalam berkarya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 394