Berita :: GLOBALPLANET.news

Suasana rumah singgah yang disiapkan untuk mengantisipasi kabut asap, Senin (14/10/2019)/(FOTO: ALWI A£IM)

14 Oktober 2019 15:05:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Rumah singgah yang sebelumnya disiapkan akhirnya beroperasi.

Tindakan ini dilakukan setelah kabut asap yang mendera Sumsel khususnya Palembang kian parah hari ini. Rumah singgah ini bertempat di Gedung Pusat Krisis Kesehatan Regional Sumsel atau berada di samping gedung BPBD Sumsel. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, Rumah singgah ini terletak di kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang,

Piahknya sengaja memilih Bandara SMB II Palembang sebagai rumah singgah untuk membantu para penumpang baik yang mau berangkat maupun datang jika terjadi sesak nafas. Sehingga, penanganan dapat cepat dilakukan. 

Beberapa alat pun disiapkan di rumah singgah ini seperti oksigen, tabung, masker gratis dan lain sebagainya.  "Kami harap rumah singgah ini berguna bagi masyarakat di Kota Palembang," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang ( Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sumsel, Ferry Yanuar menambahkan peralatan yang disiapkan dirumah singgah ini cukup baik. Di antaranya, oksigen oksentrator. Alat ini mampu memprodukai oksigen dan dapat digunakan untuk dua orang. Selin itu,  ada juga air purify dan makanan khususnya untuk ibu yang sedang hamil.  

"Rumah singgah ini memiliki daya tampung sekitar 20 hingga 30 orang," katanya. 

Tenaga medis yang disiapkan yakni dua orang perawat. Kemudian, dibantu dari staf lainnya. Dirinya mengaku dengan disiapkan rumah singgah ini maka para penumpang maupun warga yang merasakan sesak dapat langsung ke rumah singgah.  "Mereka dapat beristirahat sementara di rumah singgah ini," katanya. 

 

Reporter : Alwi Alim Editor : AT Alam 123