Berita :: GLOBALPLANET.news

Caption Foto-Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, menandatangani Perjanjian NHPD kabupaten antara pemerintah OKU Timur dengan Bawaslu OKU Timur tentang pelaksanaan dana hibah pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati OKU Timur 2020. (Foto: Dadang Dinata)

23 Oktober 2019 11:55:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, menandatangani Perjanjian Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NHPD) kabupaten antara pemerintah OKU Timur dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Timur tentang pelaksanaan dana hibah pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati OKU Timur 2020. Penandatanganan Hibah dilaksanakan pada Rabu (23/10/2019) di Ruang Audensi Bupati OKU Timur.

Dana hibah untuk Bawslu dari  Pemkab OKU Timur sebesar Rp 16,5 miliar yang bersumber dari dana APBD OKU Timur Tahun Anggaran 2020.
Besaran dana yg dikucurkan sudah sesuai dengan rincian kebutuhan penyelenggaraan pengawasan pemilu.

"Dana hibah yang diberikan ke Bawaslu sebagai pihak kedua dalam perjanjian hibah tersebut digunakan hanya untuk pengawasan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati,"terang Bupati OKU Timur.

Sedangkan itu Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Ghufron, SE menambahkan, Bawaslu OKU Timur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyetujui anggaran pengawasan Pilkada, dengan jumlah yang telah disetujui Bawaslu akan berusaha memaksimalkan anggaran tersebut. 

"Anggaran Rp 16,5  miliar ini akan kita gunakan secara efektif dan efisien. Dengan anggaran yang disetujui ini kegiatan di Bawaslu minim," ungkapnya.

Dijelaskannya, tahapan Pilkada di OKU Timur akan dimulai pada Nopember mendatang dengan agenda tahapan perekrutan pengawas di tingkat Kecamatan. 

 "Selain itu kita juga akan melakukan pengawasan pada tahapan pencalonan kepala daerah jalur indenpendent di KPU," imbuhnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 836