Berita :: GLOBALPLANET.news

Lokasi rumah warga yang nyaris longsor akibat turap kurang perawatan dari pihak pemerintah. (Foto: Hardoko Susanto)

29 Oktober 2019 13:10:00 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Menjelang musim hujan warga sekitar Kelurahan Muntang Tapus, Kecamatan Prabumulih Barat, Sumsel mengkhawatirkan terjadi longsor di sekitar Turap yang dibangun Pemerintah Kota Prabumulih.

Kekhawatiran warga bukan tidak beralasan, turap yang sudah tua sampai sekarang belum ada perbaikan. Dari pantauan di lapangan, tampak turap yang usianya sudah tua namun minim perawatan, sehingga warga sekitar yang tinggal di pinggiran turap tersebut khawatir rumahnya amblas.

Warga sangat khawatir, ditakutkan amblas karena mulai masuk musim hujan. Sejauh ini dari pihak kelurahan belum ada tanggapan. "Dulu pernah konfirmasi ke kelurahan, namun sampai saat ini belum ada kepastian jelas," ujar Karlin, warga setempat saat dibincangi GLOBALPLANET di kediamannya, Selasa (29/10/2019).

Bahkan lanjutnya, lantai teras samping rumahnya sudah mulai amblas. Untuk itu, warga berharap ada perhatian dari pemerintah. 

Diceritakan Kerlin, sejak dibangunnya turap tersebut hingga sekarang belum ada perbaikan sama sekali. "Jangan mentang kita warga tidak mampu pemerintah dengan seenaknya membangun, namun perawatannya tidak ada, Inikan tidak benar," keluhnya.

Senada yang disampaikan Ari, dirinya sudah menimbun dengan satu truk tanah yang amblas akibat turap tersebut, namun dihwatirkan ini tidak bertahan lama, kalau tidak ada perbaikan dari pihak pemerintah.

"Kita orang kecil seperti ini, hanya biasa menangani apa adanya, mau pindah biayanya besar, dan ini memang punya kita, baik tanah maupun rumah, semoga pemerintah ada solusinya, jangan sampai sudah ada korban baru bertindak,” tutupnya.

 

Reporter : Hardoko Susanto Editor : M.Rohali 478