Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI), Bathara Surya Yusuf, (duduk, baju putih) membimbing para peserta seminar dan pelatihan dalam pembuatan eco enzyme berbahan baku sampah organik. (Foto: Hendrik)

03 November 2019 14:51:00 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Aktivis pecinta lingkungan sekaligus Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia, Bathara Surya Yusuf mengeluarkan pernyataan yang bisa membuat keringat dingin kalangan industri yang umumnya memproduksi barang-barang kebutuhan rumah tangga.

Bathara menyarankan masyarakat, termasuk kalangan ibu rumah tangga, untuk berhenti membeli dan menggunakan sejumlah kebutuhan rumah tangga seperti pembalut wanita, popok atau pampers, pasta gigi, shampo, deterjen untuk kain, cairan pengepel lantai, dan lainnya.

"Ibu-ibu sekalian, saya sarankan, mulai sekarang, berhentilah membeli pembalut wanita dan beli popok atau pampers, baik untuk bayi ataupun untuk orangtua, karena terlalu banyak unsur kimiannya," ujar Bathara Surya Yusuf.

Hal itu dikatakannya saat menjadi salah satu mentor dalam seminar dan pelatihan bertajuk "Menjadikan Limbah Organik Sebagai Ladang Emas, Pembuatan Arang Sehat dan Eco Enzyime" di kampus Universitas Panca Budi (Unpab) Jalan Gatot Subroto, Medan, Minggu (3/11/2019).

Kegiatan itu menghadirkan Direktur Eksekutif Kadin Sumut Hendra Utama, Wakil Ketua Umum Kadin Sumut bidang CSR & LH, Dr Martono Anggusti, Eka Sinuraya dari Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Karo, Rektor II Unpab Dra Hj Irma Fatmawati SH M.Hum, Rena Harifah dan Yeni dari Rumah Briket.

Humas Kadin Sumut, Juliadi, menyebutkan acara tersebut diikuti lebih dari 200 peserta yang berasal dari kalangan mahasiswa, disen, staf pengajar, dan masyarakat. 

Kata Bathara, semua produk dari industri besar tersebut sejatinya bisa diatasi dengan penggunaan eco enzyme yang diproduksi dari sampah organik. Bahkan, kata Bathara, eko enzyme itu bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat bila diproduksi dengan baik dan benar dan secara massif dijual ke masyarakat.

Kata dia, penggunaan eco enzyme terbukti jauh menyehatkan ketimbang menggunakan produksi industri besar. Ia sendiri sudah merasakan manfaat dari pembuatan dan penggunaan eco enzyme. Ia berharap para peserta seminar untuk tidak lagi menyepelekan sampah organik karena bisa menjadi ladang emas atau sumber penghasilan plus sumber kesehatan keluarga masing-masing.

Dalam kegaiatan itu, Bathara Surya Yusuf dengan didampingi Humas Kadin Sumut, Juliadi, membimbing ratusan peserta untuk membuat eco enzyme dari sampah organik.

Reporter : Hendrik Editor : Zul Mulkan 147