Berita :: GLOBALPLANET.news

Tim Elang Polsek Talang Ubi Kabupaten PALI mengamankan Samsul Hilal (50) lantaran telah mencuri kotak amal masjid. (FOTO: EKO JURIANTO)

07 November 2019 19:25:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Samsul Hilal (50) warga Gang Masjid Kelurahan Talang Ubi Timur Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) di Sumsel digiring Tim Elang unit Reskrim Polsek Talang Ubi, Kamis (7/11/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

Pria bertato di kedua lengannya dan di bahu bertuliskan "365" ini diamankan polisi atas pembongkaran atau mencongkel kotak amal Masjid Al-Muchlisin bertempat di Komplek Pertamina Pendopo Kecamatan Talang Ubi pada Kamis (7/11/2019) pukul 10.00 WIB.

Aksi Samsul Hilal diketahui oleh seorang pengurus Masjid Al-Muchlisin bernama Lendri lantaran melihat kotak infaq masjid tersebut telah terbuka dan menyisakan uang receh-recehan, dan langsung melaporkan kejadian tersebut kr Mapolsek Talang Ubi

Pengurus Masjid Al-Muchlisin Komplek Pertamina Pendopo PALI ini mengetahui adanya dugaan tindakan pencurian tersebut karena melihat kotak amal sudah jebol.

"Semalam ada pengajian sehingga banyak yang melakukan infak. Setelah kami lihat dari rekaman CCTV ternyata benar ada yang melakukan pencurian," ujarnya.

Dengan berbekal bukti rekaman kamera pengawas CCTV, Tim Elang Polsek Talang ubi langsung melakukan pengejaran dan prnangkapanan terhadap pelaku.  "Tersangka kita amankan di kediamannya dengan tanpa perlawanan. Tersangka juga mengakui perbuatannya," ungkap M Arafah.

Barang bukti berhasil diamankan dari tangan pelakubdi kediamannya berupa uang pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu total berjumlah Rp 580.000 dan satu unit motor milik pelaku. "Pelaku kita kenakan Pasal 363 KHUP dengan ancaman 7 tahun penjara," jelasnya.

Sementara, pelaku Samsul Hilal (50) warga Gang Masjid Kelurahan Talang Ubi Timur mengaku bahwa dirinya baru pertama kali melakukan pencurian kotak infaq masjid.   Dirinya yang biasa sehari-hari sebagai tukang ojek ini menambahkan, saat dalam perjalanan menemukan sebuah besi kecil, sehingga memutuskan untuk mencongkel kotak infak masjid.

"Saya ambil uang kotak amal ini karena untuk beli beras. Saya baru sekali ini melakukan pencurian," katanya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : AT Alam 407