Berita :: GLOBALPLANET.news

Petugas makam TMP membersihkan area Pemakaman, Jumat (8/11/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

08 November 2019 16:44:16 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Menjelang peringatan hari pahlawan pada 10 November mendatang. Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang mulai dibersihkan.

Rusdi (53) penjaga makam TMP Ksatria Ksetra Siguntang mengatakan, pemakaman seluas 3 Hektar yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Pahlawan ini sudah mulai dikunjungi pelayat.

"Masuk bulan November pelayat mulai berdatangan, nanti ada acara peringatan hari pahlawan di sini yang rutin setiap tahun. Pembersihan mulai dari pemotongan rumput kemudian pembersihan plot makam perblok. Bulan biasa hanya beberapa kadang tidak sampai puluhan," kata Rusdi ketika dijumpai usai membersihkan TMP, Jumat (8/11/2019).

Sambung Rusdi, upacara peringatan bakal dihadiri para tamu baik dari pelajar, pegawai sipil, anggota sampai para pejabat. "Tanggal 10 nanti juga ada Pol PP, taman ini di bawah tanggung jawab Dinas Sosial Sumsel bersama Kodim 0418 Kota Palembang," tambahnya.

Rusdi melanjutkan, selain pejuang yang diperbolehkan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang adalah seorang Polri/TNI, veteran kemudian seseorang yang meninggal karena sudah membela negara.

"Walaupun pejabat kalau tidak ada penghargaan gak bisa, kalau TNI yang baru harus ikut operasi (perang) dulu yang kalau saat bertugas tewas bisa dimakamkan di sini. Tapi kuncinya harus memiliki tanda jasa kehormatan RI seperti Bintang Geriliya, Mahaputra dan bintang lainnya," beber Rusdi

Ditanya soal jumlah pahlawan yang dimakamkan, ia mengaku tidak terlalu mengetahui secara jelas. Hanya saja data terakhir yang pernha ia dengar ada 1400an pahlawan.

"Itu data sudah lama mungkin 10 tahun lalu lebih, untuk yang baru silahkan tanya ke Kodim 0418 Palembang," ujarnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 73