Berita :: GLOBALPLANET.news

Kegiatan upacara peningkatan status Polrestabes Palembang. (Foto: Alwi Alim)

08 November 2019 17:38:38 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Status Polresta Palembang kini meningkat dari semula Kepolisian Resor Kota (Polresta) kini menjadi Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang.

Peningkatan status ini ditandai dengan upacara yang dipimpin langsung Kapolda Sumsel, Irjen Pol Firli Bahuri di Polrestabes Palembang, Jumat sore (8/11/2019).

Kapolda mengatakan, peningkatan status ini menindaklanjuti keputusan dari Kapolri pada tanggal 2 Oktober lalu serta sebagai reward Polresta Palembang atas kinerja yang telah dilakukan selama ini. 

"Ini merupakam salah satu dari tiga Polres yang diangkat statusnya di Indonesia," katanya saat ditemui usai upacara peningkatan status Polrestabes Palembang. 

Reward yang diberikan karena Polresta Palembang merupakan Polresta yang mendapatkan predikat bebas korupsi. Meskipun begitu, kedepan yang menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yakni bukan hanya bebas korupsi tetapi juga sebagai wilayah yang bebas melayani. 

"Ini PR bagi Polrestabes kedepannya terutama dalam melayani masyarakat di Kota Palembang," terangnya. 

Dirinya menerangkan dengan meningkatnya status ini tentunya tantangan semakin meningkat. Apalagi, Palembang sebagai pusat ekonomi, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, even internasional pun sering digelar di Kota Palembang. 

Untuk personel, nantinya akan disesuaikan baik untuk jabatan struktural maupun fungsional. Bisa saja nantinya personel Polda Sumsel dikurangi untuk menambah personel di Polrestabes Palembang. 

Tak hanya personel tetapi juga sarana dan prasarana akan terus dilakukan penambahan. Saat ini sarana yang telah diberikan antara lain 22 sepeda motor, satu unit mobil pengurai massa dan lain sebagainya. 

"Pokoknya semua bisa saja ditambah tujuannya untuk melayani masyarakat di Kota Palembang," ujarnya. 

Terkait kepangkatan, dengan meningkatnya status Polrestabes Palembang maka jabatan pejabat struktural pun meningkat satu eselon. Seperti, Kapolresta saat ini memiliki pangkat Kombes Pol dengan eselon II B2 maka menjadi eselon II B1. Sedangkan pangkat utamanya masih tetap Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol). 

"Alumni lulusan Polrestabes ini juga bisa langsung jadi jenderal," tegasnya. 

Dirinya menambahkan selain meningkatkan status Polresta Palembang, pihaknya juga akan meresmikan dua Polres baru di Sumsel yakni Polres PALI pada 12 November dan Polres Muratara 14 November mendatang. 

"Ini bentuk perhatian negara khususnya Polri sebagai reward bagi Polresta Palembang," tutupnya. 

 

Reporter : Alwi Alim Editor : M.Rohali 1354