Berita :: GLOBALPLANET.news

Anak-anak dan remaja Sikh berfoto bersama dengan Konjen India Raghu Gururaj, Ketua Apindo Sumut Parlindungan Ourba, dan tokoh lainnya. (Foto: Hen)

11 November 2019 13:49:16 WIB

MEDAN, GLOBALPLANET - Ratusan umat Sikh di Kota Medan berkumpul di Sekolah Khalsa, Minggu (10/11/2019) untuk merayakan hari lahir ke 550 tahun Guru Nanak Dev Ji, pendiri agama Sikh. Menariknya, acara ulang tahun itu hanya diadakan satu kali setiap 50 tahun.

Acara itu dihadiri oleh Konsulat Jenderal (Konjen) India untuk Pulau Sumatera Berkedudukan di Medan, Mr.Raghu Gururaj. Ashish Sharma selaku President Convenor, Indian Expatriates Association of Medan, utusan Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Sumut, Parlindungan Purba selaku tokoh masyarakat dan, Ketua Apindo Sumut, Kepala Dinas Pariwisata Sumut Ria Telambanua yang mewakili Gubernur Edy Rahmayadi, dan sejumlah unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumut.

Ketua Panitia Acara HUT Guru Nanak, Rejinder Singh SH atau yang akrab disapa Pak Ricky menyebutkan, umat Sikh di Kota Medan ditaksir mencapai 5000 jiwa.

Kata dia, Guru Nanak adalah pendiri agama Sikh. Ia menyebutkan, umat Sikh banyak di seluruh dunia. Pihaknya berharap bisa membangun komunikasi dan kerjasama yang lebih intensif dengan masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Sementara itu Konjen India Mr Raghu Gururaj mengatakan, masyarakat Sikh di seluruh dunia, termasuk di Kota Medan, merayakan hari lahir kesepuluh guru dalam kepercayaan mereka sebagai 'Gurpurab'.

"Guru Nanak Jayanti atau Guru Nanak Gurpurab dirayakan sebagai hari untuk mengingat Guru Sikh pertama yang meletakkan dasar dari ajaran Sikhisme dan menjadi pengingat bagi para pengikutnya untuk mengikuti ajarannya dan membaktikan hidup mereka dalam memberikan pelayanan tanpa pamrih bagi Tuhan. Perayaan ini merupakan salah satu dari perayaan paling suci bagi masyarakat Sikh," ujar Konjen.

Konjen menguraeakan, di Sumatera Utara, migrasi umat Sikh dimulai sekitar 500 tahun lalu. Konjen menyatakan rasa hormat kepada pemerintah Indonesia karena melihat langsung masyarakat penganut agama Sikh di Sumatera Utara telah hidup sejahtera dari hasil kerja keras umat Sikh.

Untuk India sendiri, Konjen Raghu Gururaj menyebutkan, Perdana Menteri India, Shri Narendra Modi, telah mengeluarkan sebuah Resolusi untuk merayakan Hari Lahir ke-550 Shri Guru Nanak Devji secara besar-besaran dan sesuai dengan cara India dan di seluruh dunia.

Sementara itu Kadis Pariwisata Ria Telambanua yang mewakili Gubsu menegaskan komitmen Pemprovsu dalam mrmbangun masyarakat Sumut yang multikultural. Kata Ria, Gubsu menegaskan bahwa seluruh agama, termasuk Sikh, dijamin keberadaannya di Sumut.

Dalam proses pembangunan, ucap Ria, Gubsu menerima partisipasi semua umat beragama dan dari berbagai macam suku.

Reporter : Hendrik Hutabarat Editor : M.Rohali 421