Berita :: GLOBALPLANET.news

Pelaksanaan kegiatan informasi kepada angkatan kerja terkait peluang atau lowongan kerja dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas serta produktivitas tenaga kerja di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. (Foto: Ist)

12 November 2019 09:31:00 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, mencatat jumlah pengangguran terbuka di wilayah Kabupaten Empat Lawang, sebanyak 2,28 persen dari total penduduk di kabupaten ini.

Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Empat Lawang, Aidil Yuliansyah melaui Kabid Tenaga Kerja, Joni Verdi mengatakan, angka 2,28 persen jumlah pengangguran terbuka di Kabupaten Empat Lawang tersebut, menurun jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 3,38 persen.

"Utuk saat ini tingkat pengangguran terbuka Kabupaten Empat Lawang 2,28 persen. Angka ini menurun jika dibandingkan pada tahun sebelumnya 3.85 persen," ungkap Joni kepada wartawan, Senin (11/11/2019).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang, kata Joni melalui dinasnya, akan berupaya terus agar angka pengangguran di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, dapat ditekan serendah mungkin.

"Insya Allah di tahun depan kita akan jalin kerja sama dengan beberapa Balai Latihan Kerja, baik yang ada di sumatera Selatan maupun di pulau Jawa, sehingga masyarakat yang akan diikutsertakan dalam pelatihan dapat mengimplementasi ilmu yang didapatkan," jelasnya.

Baru-baru ini saja sebut Joni, pihaknya telah melaksanakan kegiatan memberikan informasi kepada angkatan kerja terkait peluang atau lowongan kerja dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas serta produktivitas tenaga kerja di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. "Pada kesempatan tersebut, kita mengundang beberapa pihak swasta yang telah melakukan MoU dengan SMK Negeri 1 Empat Lawang," katanya.

Hal ini kata Joni, dilakukan agar sinergisitas dan kerja sama antara pihak SMK dengan pihak swasta juga dapat dirasakan bagi alumni lulusan dari SMA, sehingga apa yang dicita-citakan Bupati Empat Lawang untuk menekan angka pengangguran dapat tercapai dan tingkat kemiskinan dapat menurun.

"Saya berharap agar adik-adik lulusan SMA agar dapat meningkatkan kreativitas dalam menghadapi era 4.0 sehingga dapat mengelola dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki Kabupaten Empat Lawang," tandasnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : M.Rohali 235