Berita :: GLOBALPLANET.news

Sekda Lahat, Januarsyah Hambali memimpin rapat sektor pariwisata, Kamis (14/11/2019). (Foto: Ferry Andika)

14 November 2019 11:49:00 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Guna menarik wisatawan berkunjung ke Kabupaten Lahat di Sumsel, Pemkab Lahat melakukan berbagai upaya. Salah satunya mendorong membuat dan mempopulerkan hikayat terkait objek wisata yang banyak terdapat di Lahat.

Sekda Lahat, H Januarsyah Hambali mengatakan, pertumbuhan pariwisata berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah atau PAD. 

"Buatkan sebuah hikayat cerita yang menarik. Apalagi wisata wisata yang baru ditemukan," ujarnya di sela sela rapat penetapan isu strategis dalam pembangunan berkelanjutan bersama staf khusus bidang pariwisata Kepala SKPD, seluruh Camat, Kamis (14/11/2019).

Menurut Januarsyah, Bumi Seganti Setungguan memiliki banyak potensi wisata yang sudah terkenal. Seperti air terjun, megalit, dan cerita si pahit lidah. Untuk itu, dengan dibuatkan sebuah hikayat cerita, akan membuat wisatawan tertarik dengan cerita tersebut sehingga ingin berkunjung. "Tidak akan berkembang kalau hanya di sektor minyak dan tambang. Kita ini kurang jualan (promosi)," terangnya.

Terlebih, kata Januarsyah, sektor pariwisata ini bisa dinikmati langsung masyarakat banyak. Khususnya masyarakat Kabupaten Lahat. "Kita akan menikmati langsung (pariwisata). Dapat menambah PAD di sektor pariwisata," sampainya. 

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 178