Berita :: GLOBALPLANET.news

Kadisdukcapil Palrmbang Dewi Isnaini (Tengah), Kabid pemanfaatan data dan dokumen kependudukan Sumantri (paling kanan), Bersama pewakilan OPD. (Foto: Rachmad)

14 November 2019 13:22:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Setelah adanya perjanjian kerja sama (PKS) antara Dinas Dukcapil kota Palembang bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kota Palembang mensosialisasikan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan dengan mendatangkan pemateri dari Direktorat Pemanfaatan Data Kependudukan Dirjen Dukcapil, Kemendagri.

Kepala Dinas Dukcapil Dewi Isnaini didampingi Kabid Pemanfaatan Data Kependudukan mengatakan, untuk memulai semua kerja sama para OPD harus menyiapkan aksea bagaiaman data tersebut bisa dilihat.

"Rapat ini digelar guna menghasilkan output dimana kedepannya Dukcapil akan mempersilahkan OPD untuk mengakses data kependudukan guna mempermudah di semua Instansi di Kota Palembang," ungkap Dewi kepada Globalplanet.news, Kamis (14/11/2019).

Dewi melanjutkan, rakor ini bertujuan untuk kebijakan daerah terkait pemanfaatan data dan dokumen kependudukan kemudian proses pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta teknis pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

"Sehingga tercipta jaringan komunikasi data, antara Dinas Dukcapil dengan OPD pengguna data. Saya minta selesai dari sini OPD segera siapkan aplikasi (akses) dan jaringan IT-nya sehingga kerjasama berjalan," ujarnya

Sementara Kabid Pemanfaatan Data Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sumantri menambahkan ada 54 OPD yang telah mengajukan izin perjanjian kerjasama dengan Dinas Dukcapil melalui Walikota Palembang.

"Semua kepala Dinas dan kepala instansi masing-masing sudah menandatangani tinggal pemasangan jaringan komunikasi data dan pengelolaan informasi yang berpusat di Dinas Dukcapil. Sehingga dapat melayani masyarakat dengan baik," kata dia.

Adapun kemudahan yang didapat masyarakat dari pemanfaatan data dalam proses layanan maupun lembaga pelayan masyarakat.

"Contoh di Dinas Penanaman Modal-PTSP dalam hal perizinan, masyarakat cukup membuka aplikasi ciptaan DPM-PTSP mengentry NIK saja. Nanti semua data muncul disitu," tandasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 305