Berita :: GLOBALPLANET.news

17 November 2019 14:56:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Anggota DPRD Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Dapil II siap mengawal aspirasi masyarakat SP Padang, Jejawi dan Pampangan. Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPRD OKI dari Partai Hanura, Irawansyah, pada saat melakukan reses di Kecamatan SP Padang, Kamis (14/11/2019) kemarin.

Menurut anggota Komisi IV DPRD OKI ini, pihaknya selaku wakil rakyat akan semaksimal mungkin dalam mengawal aspirasi masyarakat yang kami wakili. Terkhususnya bagi kami anggota DPRD OKI yang berada di Dapil II yang meliputi Kecamatan SP Padang, Jejawi, Pampangan.

"Untuk itu kehadiran kami, H. Mulkan Yahuza dari Partai Gerindra, Hj. Yusmin dari PAN, Juhariyah dari NasDem dan Bayu dari Demokrat, pada kunjungan kerja dalam rangka reses anggota DPRD OKI tahun 2019 kemarin, untuk menyerap aspirasi dari masyarakat di Dapil II. Baik itu pada bidang pembangunan, infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan sebagainya, sebagai upayah dalam mensejahterakan kehidupan di masyarakat," katanya, Minggu (17/11/2019).

Lebih lanjut dikatakannya, berpagai usulan telah disampaikan oleh masyarakat, mulai dari reses pertama yang kami lakukan di Kecamatan Jejawi, kemudian SP Padang Padang dan Pampangan. 

Seperti halnya usulan yang disampaikan oleh kebanyakan masyarakat di Dapil II, bahwa mereka meminta agar pada penerimaan kariawan yang bakal bekerja di PT OKI Pulp and Paper Mills nanti, berharap pihak PT OKI Pulp dapat memprioritaskan penerimaan tenaga kerja lokal atau pribumi, dari pada Tenaga Kerja Asing (TKA) dan hal ini telah menjadi pembahasan kita pada rapat di DPRD OKI agar masyarakat di Kabupaten OKI dapat memperoleh lapangan pekerjaan, sebagai timbal balik atau keuntungan yang diterima oleh masyarakat atas didirikannya PT. OKI Pulp and Paper Mills yang merupakan, pabrik kertas terbesar di Asia Tenggara yang berada di Kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI Sumsel.

"Kami akan melakukan pendekatan dan memangil pihak-pihak terkait untuk melakukan membahas tentang hal ini, jika seandainya masyarakat pribumi di OKI tidak memiliki keahlian atau tenaga skil yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan, paling tidak pekerjaan buruh kasarnya jangan sampai diambil dari pihak luar OKI, apa lagi mengambil tenaga kerja asing," ungkapnya.

Selain dari pada itu, banyak usulan dan permintaan yang disampaikan oleh masyarakat dalam reses tersebut, seperti diwilayah Kijang Kecamatan SP Padang yang mengusulkan pengaspalan jalan yang berada di dusun IV Desa Awal Terusan Keamatan SP Padang, hingga ke Desa Pematang Kijang Kecamatan Jejawi. 

Normalisasi Sungai termasuk normalisasi Sungai Komering yang ada di SP Padang  - Pampangan dan biaya penganggaran pembersihan sampah eceng gondok dan rumput yang kerap kali hanyut, yang dapat menyebabkan jembatan robohnya jembatan penghubung desa dan lain sebagainya, termasuk juga usulan yang disampaikan oleh Camat SP Padang, Agma Yuska, S.STP, M.Si, yang ingin adanya perubahan pada kantor Camata SP Padang, seperti halnya pada kantor yang dimiliki oleh Kecamatan Kayuagung dan mobil pemadam kebakaran khusus untuk Kecamatan SP Padang.

"Kami anggota DPRD dari Dapi II akan semaksimal mungkin memperjuangkan setiap aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat dan hal ini akan kita tampung dan dibahas untuk ditindaklanjuti. Dimana aspirasi masyarakat yang diserap untuk bahan usulan yang akan dipilih pada penyusunan pembangunan untuk anggaran tahun selanjutnya," jelasnya. 

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 530