Berita :: GLOBALPLANET.news

18 November 2019 09:20:23 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Insiden mengamuknya harimau hingga menelan dua korban, satu tewas dan 1 luka parah, di Pagaralam dan Tanjung Sakti Lahat mendapat perhatian anggota DPRD Sumsel, Alfrenzi Panggarbesi. Politisi Partai Hanura ini meminta aparat terkait dapat segera bertindak untuk "mengamankan" harimau tersebut, sehingga warga kembali beraktivitas normal.

"Saya minta BKSDA, Polhut bekerjasama dengan Polri untuk dapat mengatasi masalah. Mengingat saat ini warga sudah mengalami ketakutan, terutama petani kopi yang aktivitasnya di sehari hari merawat kebun kopinya. Demikian pula warga yang tinggal di perkebunan teh PTPN Gunung Dempo yang mendapat informasi bahwa harimau berkeliaran di kawasan itu, " jelas Alfrenzi kepada awak media, Senin (18/11/2019).

Menurut Alfrenzi, dalam upaya mengamankan harimau yang mengamuk tersebut, aparat harus bertindak cepat namun bijak. Mengingat spesies harimau tersebut termasuk hewan langka dan dilindungi. Sehingga tindakan yang dilakukan bukan membunuh melainkan melumpuhkan untuk kemudian dilakukan tindakan-tindakan lain yang dianggap perlu. 

"Selain itu juga harus dicari penyebabnya mengapa kejadian ini bisa terjadi. Apakah makin marah perambahan hutan di hutan lindung sehingga menggangu kehidupan satwa satwa di lereng Gunung Dwmpo tersebut," ujarnya.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Zul Mulkan 482