Berita :: GLOBALPLANET.news

KPU OKU Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur 2020. (Foto: Dadang Dinata)

20 November 2019 11:35:24 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Agar pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Bumi Sebiduk Sehaluan berjalan dengan dan kondusif. KPU OKU Timur sebagai lembaga penyelenggara pada Rabu (20/11/2019) melakukan kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur 2020

Pada kegiatan sosialisasi ini KPU menyampaikan seluruh tahapan kepada peserta yang sebagian besar camat dan perwakilan OPD yang ada di OKU Timur.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.Sos,i, mengatakan, untuk kotak suara masih akan dikoordinasikan dengan KPU Sumsel. Tapi disarankan kotak suara berbahan baku plastik karena lebih kuat dan tahan air. Sedangkan  Untuk TPS di desa yang belum defenitif nanti akan dibahas secara menyeluruh. 

Masalah alat peraga Balon tidak boleh dipasang di tempat ibadah, kantor, dan tempat yang dilarang."Kami KPU dan Bawaslu saat ini belum berwenang untuk melakukan penertiban APK sebaiknya koordinasi dengan Pemkab karena itu sudah ada Perda," tambahnya.

Devisi Program dan Mata Pilih Sulitiani SE, untuk DPT berasal dari pemerintah kemudian dilakukan pemuktahiran dan biasanya ada perubahan, kemudian akan dimasukan pada Daftar Pemilih Khsusus (DPK). Tapi kita berusaha mengakomodir pemilih pemula," ujarnya.

Sementara Bupati OKU Timur H. M Kholid, S.Sos, M.Si yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten OKU Timur Jumadi, S.Sos, mengatakan OKU Timur pada 2020, akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati di harapkan kesiapan penyelenggara  KPU dan Bawaslu.

"Kata pilkada sudah tidak asing lagi bagi masyarakat OKU Timur, karena hampir setiap tahun di selenggarakan, ada pilkada gubernur, legislatif, presiden dan pemilihan kepala desa,  sehingga masyarakat sudah terbiasa," imbuhnya.

Sekarang perlu dilakukan sosialisasi terkait tahapan Pilkada agar masyarakat tahu, salah satunya cara sosialisasi yaitu pemasangan  beleho di tempet pelayanan umum.

"Sosialisasi harus di lakukan kepada masyarakat meskipun masyarakat terbiasa dengan Pemilu, saya juga meminta kepada Camat, Lurah, Kepala SKP untuk juga ikut serta dalam mensosialisasikan tahapan pilkada," terangnya.

Pendataan harus jelas, camat dan skpd terkait membantu KPU untuk mendata mata pilih jangan sampai ada masyarakat yang tidak terdaftar,kata Sekda.

"Sampai hari ini rekor dengan pastisipasi pemilih terbanyak dalam Pilkada dan Pemilu di Sumatera Selatan bahkan di Indonesia nomor dua setelah Jembrana Bali OKU Timur, prestasi ini harus terus di pertahankan," tambahnya.

Dia juga menambahkan dari hasil pilkada dan pemilu, OKU Timur bukan daerah konflik, masyarakat OKU Timur sudah dewasa dalam berpolitik, dengan kedewasaan ini penyelengaraan Pilkada OKU Timur dan Pemilu berlangsung aman. 

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 569