Berita :: GLOBALPLANET.news

Penyerahan bibit oleh Ketua BPDAS-HL Musi Siswo bersama Ketua TP PKK Hj Febrita Lustia, Kamis (21/11/2019). (Foto: Rachmad Kurniawan)

21 November 2019 12:22:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Musi (BPDAS-HL Musi) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengajak masyarakat untuk menanam pohon dengan membagikan 5000 bibit produktif.

Dengan menggandeng Tim PKK Sumsel serta beberapa organisasi wanita untuk melakukan kegiatan penanaman pohon, kali ini giliran masyarakat Kecamatan Gandus yang berdekatan dengan tepian Sungai Musi, berkesempatan menanam bibit pohon bersama BPDAS-HL.

Total 1000 bibit pohon yang telah ditanam oleh BPDAS-HL Musi  bersama organisasi wanita yang dipimpin Ketua Tim PKK Hj Febrita Lustia. Untuk hari ini tepatnya di depan halaman SDN 151 Palembang, Kamis (21/11/2019), ditanam sebanyak 30 bibit pohon. 

Kepala BPDAS-HL Sumsel, Siswo mengatakan, penanaman pohon ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) untuk menjaga air sungai agar tertampung di tanaman sehingga mencegah banjir.

"Total 5000 bibit produktif yang dapat menghasilkan buah kami bagikan ke 5 Kelurahan di Kecamatan Gandus. Jadi silahkan tanam masing-masing dan dijaga sehingga bisa mencegah banjir," ungkap Siswo kepada Globalplanet.news

Adapun 5 Kelurahan yang menerima bibit pohon dari BPDAS-HL Musi diantaranya, Kelurahan Pulokerto 2000 bibit, Kelurahan Gandus 1500 bibit, Kelurahan Karangjaya 500 bibit, Kelurahan Karanganyar 500 bibit, dan Kelurahan 36 Ilir 500 bibit.

Siswo menjelaskan pada kegiatan ini pihaknya memang menitikberatkan pada kaum wanita. Karena, menurutnya respon yang diterima dari organisasi wanita pada pelestarian lingkungan begitu tinggi.

Ia berharap dengan penyerahan bibit ini masyarakat sadar dengan kondisi lingkungan. Hendaknya kegiatan ini menjadi kebiasaan hidup bagi semua.

"Dalam kegiatan penanaman pohon tersebut kami ajak setiap masyarakat menanam pohon sebanyak 25 buah seumur hidupnya. Setiap tahun kami sediakan 200 ribu bibit pohon untuk ditanam masyarakat boleh ambil dan ditanam sendiri," jelasnya.

Sementara Ketua Tim PKK Sumsel Hj Febrita Lustia menambahkan bibit pohon yang diberikan adalah segala jenis buah mulai dari Sawo, Mangga, kelengkeng, rambutan dan lain sebagainya.

"Tujuannya diberikan kepada masyarajat sehingga hasilnya bisa dinikmati oleh masyarakat. Insyaallah 2 tahun kedepan sudah berbuah," tambahnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 217