Berita :: GLOBALPLANET.news

Foto: Trans Musi Palembang melintas di jalan (Foto: Ist)

22 November 2019 16:17:17 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Adanya perubahan rute atau fidel baru yang terintegrasi LRT, moda transportasi darat di Palembang Bus Trans Musi akan memisahkan diri dari tubuh PT SP2J.

Demikian diungkapkan Direktur Operasional SP2J Antoni Rais, Jumat (22/11/2019) ketika dikonfirmasi melalui telepon.

"Pemisahan ini bukan karena tidak tercapainya pendapatan, hal ini dikarenakan adanya perubahan rute atau fidel baru yang terintegrasi dengan LRT," katanya ketika dikonfirmasi.

Menurutnya, adanya fidel baru atau rute baru seperti Soekarno-Hatta dan Perumdam, akan membebani APBD Palembang yang selama ini digunakan.
Jika tidak dipisahkan, PT SP2J kesulitan ketika menyusun anggaran Trans Musi hingga benar-benar cukup.

"Jadi sesuai petunjuk DPRD serta BPK agar Trans Musi dikelola oleh perusahaan tersendiri jangan dibawah SP2J lagi mulai tahun depan," tandasnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pemisahan manajemen, tahun depan tepatnya bulan april Trans musi sudah go publik dengan nama Trans Musi Palembang Jaya.

"Untuk menunjang operasional TM tahun depan akan mendapatkan bantuan dari kementerian perhubungan berupa bus serta alokasi dana," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini Trans Musi sendiri memiliki armada 254.  Namun tidak semuanya aktif ada yang mengalami kerusakan diperkirakan 150 yang aktif berjalan termasuk melayani rute Palembang - Indralaya

"Paling tidak adanya pemisahan ini mudah mudahan akan berdampak pada perolehan PAD, apa lagi nanti kita mendapatkan lagi bantuan armada sebanyak 10 unit," tambah dia.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 601