Berita :: GLOBALPLANET.news

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi, saat pembinaan teritorial bersama masyarakat Lahat, Selasa (26/11/2019)(FOTO: FERRY ANDHIKA)

26 November 2019 16:39:34 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Guna mencegah masuknya paham-paham radikalisme hingga paham terorisme. Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav Sungudi, kumpulkan anggota TNI aktif, veteran Lahat, Pagaralam, Empat Lawang, Majelis Ulama, dan masyarakat.

Masyarakat diajak bersama sama menangkal masuknya paham, yang bisa merusak kesatuan bangsa. Selain itu, keterlibatan aktif masyarakat juga sangat penting.

Sungudi mengatakan, Indonesia saat ini masih dihadapkan dengan isu-isu teroris dan radikalisme. Bertahun-tahun belum juga tuntas. Dua persoalan ini jadi perhatian utama, karena masuk ketegori kejahatan luar biasa. Penanganannya juga harus luar biasa. Mengingat imbasnya, selain membuat keresahan masyarakat, juga bisa menggoyangkan kedaulatan rakyat.

"Hal ini harus jadi perhatian seluruh elemen. Kita semua mempunyai jiwa partriot, kita jangan lengah. Buktinya masih ada orang-orang yang ingin menggantikan Pancasila," ujar Sungudi, saat kegiatan pembinaan teritorial terpadu di Gedung Juang Lahat, Selasa (26/11/2019).

Sungudi menjelaskan, dengan keterlibatan aktif masyarakat, radikalisme dan aksi teror bisa dicegah. Pihaknya meminta masyarakat bisa ikut mencegah, dan mengawasi paham-paham yang ada. Jika ada mengajak, dirasa ada yang ngak benar, konsultasikan dahulu ke MUI.

"Saya juga ngak tahu apa, orang itu mencari sensasi atau apa. Untuk itu peran pengawasan masyarakat, sangat penting. Sehingga bangsa ini tidak terkikis oleh paham-paham sesat, dan budaya luar," pungkasnya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : AT Alam 54