Berita :: GLOBALPLANET.news

Jordi Pratama, pelaku pencurian di penginapan atlet Porprov Sumsel XII. (Foto: Hardoko Susanto)

28 November 2019 18:42:09 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Jordi Pratama (18), salah satu pelaku pembobol penginapan kontingen Porprov Sumsel XII di Prabumulih ditangkap di Gelumbang, Kabupaten Muara Enim. Di usia yang masih sangat muda, Jordi ternyata residivis jambret.

Jordi tidak sendiri, dalam pencurian do penginapan atlet di Jalan Batam No 17 A, RT 07,RW 03, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih Sumatera Selatan, Jordi temani IM (DPO).

"Mereka congkel jendela samping. Setelah pintu terbuka, Jordi masuk kedalam rumah sedangkan temannya yang masi DPO menunggu di luar," ujar Kapolres Prabumulih AKBP I Wayan Sudarmaya melalui Wakapolres Prabumulih Kompol Harris Batara, dalam reles Kamis (28/11/2019).

Menurutnya, pencurian ini dilaporkan korban, Arsyad Rosidi, salah satu atlet yang turut mensukseskan Porprov. Diketahui, tindak pencurian ini terjadi Senin (18/11/2019) dini hari. 

"Mereka congkel jendela samping. Setelah pintu terbuka, Jordi masuk kedalam rumah sedangkan temannya yang masi DPO menunggu di luar," katanya. 

Dari laporan korban, Jordi cs berhasil mengambil empat ponsel satu buah tas yang berisikan uang sebesar Rp 2 juta. Cincin Zamrut dan satu buah jam tangan merk reimon well milik atlet.

"Barang bukti yang masih ada, 1 unit handphone merk Xiomi. Dan pengakuan tersangka uangnya habis untuk beli baju dan topi," katanya.

Jordi merupakan salah satu residivis jambret, dan pernah dipenjara selama sembilan bulan, karena waktu kejadian Jordi masih dibawah umur. "Jordi ini kita tangkap di Gelumbang Kabupaten Muara Enim," tegasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka Jordi dikenakan Pasal, 363 ayat 1, butir 3,4 dan 5 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara.

Selama Porprov berlangsung terjadi dua pencurian yang menimpa dua kontingen yakni kontingen asal Kota Palembang dan kontingen tuan rumah Prabumulih. Dan Jordi yang telah ditangkap terkait pencurian di Jalan Batam yang menimpa kontingen Prabumulih.

Reporter : Hardoko Susanto Editor : Zul Mulkan 4183