Berita :: GLOBALPLANET.news

(Ilustrasi: Ist)

01 Desember 2019 19:12:44 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Kondisi Klimatologi di Provinsi Sumsel saat ini tengah memasuki awal musim hujan. Sejumlah Kabupaten/kota telah melaporkan bahwa di wilayahnya sudah memasuki awal musim hujan.

Hal ini diutarakan Nandang Pangaribowo, Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Klas I Kenten, Palembang ketika dihubungi via telepon,  Minggu (1/12/2019).

"Karena masih awal musim hujan jadi masa peralihan masih aktif, memang sempat hujan lebat di dasarian 3 bulan November. Namun, curah hujan kembali normal pada dasarian 1 bulan Desember, semua daerah telah melaporkan bahwa sudah turun hujan termasuk Kabupaten OKI meski khusus OKI hujannya belum merata," tutur Nandang.

Masa peralihan seperti ini, ujar Nandang, patut diwaspadai, karena cuaca kerap tiba-tiba berubah dari biasanya. Terjadi tekanan rendah menjasi hujan deras dan disertai angin kencang.

"Angin kencang biasanya terjadi pada daerah bertopografi landai, kami analisis kecepatan angin tertinggi terakhirbterjadi di wilayah Banyuasin, sementara di Palembang masih normal yakni 10-20 knot (1 knot=1,8 Kilometer)," kata dia.

Kecepatan angin untuk merobohkan bangunan berada diatas 32 knot atau diatas 64 kilometer perjam. 

Masih kata dia, prediksi awal ini untuk puncak musim hujan di Sumsel terjadi pada bulan Februari-Maret 2020 mendatang. "Warga yang tinggal di wilayah yang tingkat kelabilitas tanahnya tinggi patut waspada, kami himbau agar tetap berhati-hati," tambah Nandang.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima dari Prakiraan cuaca oleh BMKG Stasiun Meterologi SMB II hingga pukul 17.00 WIB, masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang sesaat di wilayah Pagar Alam, Lahat (Jarai, Tanjung Sakti Pumi), Musi Banyuasin (Lais, Sekayu, Bayung Lincir, Sungai Keruh, Plakat Tinggi), Banyuasin (Makarti Jaya, Pulau Rimau, Tungkal Ilir), Muara Enim (Gunung Megang, Benakat, Semende Darat Tengah, Semende Darat Ulu, Ujan Mas, Muara Enim).

OKU Selatan (Muara Dua, Simpang, Buay Pemaca, Buay Rawan, Kisam Tinggi, Runjung Agung, Buay Runjung) dan sekitarnya.  Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 19.00 WIB.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 173