Berita :: GLOBALPLANET.news

02 Desember 2019 16:36:54 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Tol trans Sumatera ruas Indralaya - Muara Enim bakal segera dibangun. Pembangunan tol sepanjang 119 kilometer ini bakal dilakukan pada 2020 mendatang.

"Saat ini kami masih menunggu pembebasan lahan dahulu," kata Manajer Proyek PT Hutama Karya Hasan Turcahyo saat dihubungi, Senin (2/12/2019).

Meskipun begitu, ia mengaku untuk peralatan dan perlengkapan telah disiapkan sehingga saat pembebasan lahan selesai maka pembangunan bakal langsung dilakukan. "Rencananya 2020 mendatang sudah dapat dikerjakan kontruksi lapangannya," harapnya.

Untuk pembebasan lahan nantinya dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Begitu juga untuk anggaran berasal dari pemerintah pusat.

Ia menjelaskan, pembangunan ruas jalan tol Indralaya – Muara Enim ini akan menelan dana sekitar Rp24,10 tirliun di mana berasal dari ekuitas perusahaan senilai Rp16,87 triliun atau 70% dari total investasi dan sisanya sekitr Rp7,2 triliun dari pinjaman.

Tol ini terbagi dua ruas yakni Indralaya - Prabumulih sepanjang 65 kilometer, dan ruas Prabumulih – Muara Enim. Dimana ruas kedua bakal dikerjakan oleh Waskita Karya.

"Nantinya ruas tol ini akan tersambung juga ke Bengkulu," tutupnya. 

Reporter : Alwi Alim Editor : M.Rohali 291