Berita :: GLOBALPLANET.news

03 Desember 2019 07:31:09 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Babak kualifikasi Piala Asia U-19 2020 Grup A baru saja rampung, setelah sempat mengalami penundaan karena situasi politik di Irak sebagai tuan rumah.

Dimana sebelumnya laga kualifikasi Grup A digelar pada pada 2-10 November di Irak, namun baru digelar pada 22-30 November dan dimainkan di Oman.

Irak sukses lolos sebagai juara Grup A dengan raihan 5 poin. Unggul selisih gol dari Kuwait yang juga memiliki poin yang sama dengan Irak.

Kuwait kalah bersaing dengan tim dari grup lain dalam peringkat runner-up terbaik.

Namun, Uzbekistan yang menjadi tuan rumah putaran final tahun depan juga masuk sebagai salah satu runner-up terbaik dengan 7 poin. Tempatnya pun digantikan oleh Kamboja yang memiliki 6 poin, dan menyisihkan tim-tim seperti China, Korea Utara hingga Kuwait.

Kamboja bergabung dengan Laos, Yaman dan Vietnam sebagai empat tim peringkat dua terbaik dan berhak mendampingi 11 juara grup lainnya untuk tampil di putaran final.

Lolosnya Kamboja membuat Asia Tenggara memiliki lima wakil di babak final. 

Mereka adalah, Malaysia (juara Grup G), Indonesia (juara Grup K), Laos (runner-up terbaik pertama), Vietnam (runner-up terbaik kedua), dan Kamboja (runner-up terbaik kelima).

Piala Asia U-19 2020 sendiri akan digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020. Empat tim terbaik akan lolos ke Piala Dunia U-20 2021, yang akan digelar di Indonesia.

Tuan rumah: Uzbekistan
Juara Grup: Irak (A), Qatar (B), Tajikistan (C), Iran (D), Bahrain (E), Arab Saudi (F), Malaysia (G), Australia (H), Korea Selatan (I), Jepang (J), Indonesia (K)

Runner-up terbaik: Laos, Vietnam, Yaman, Kamboja

 

Reporter : Globalplanet Editor : M.Rohali 33