Berita :: GLOBALPLANET.news

Wabup Lahat, Haryanto SE saat menerima mahasiswa KKN Universitas Sriwijaya, Kamis (12/12/2019) (Foto : Ferry Andika)

12 Desember 2019 19:12:52 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Ratusan mahasiswa Universitas Sriwijaya ( Unsri ) mendatangi Bumi Seganti Setungguan.

Setidaknya, 218 mahasiswa-mahasiswi itu untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang akan tersebar di empat kecamatan, di antaranya Kecamatan Kota Lahat, Lahat Selatan, Pulau Pinang, dan Kecamatan Merapi Barat. 

Wakil Bupati Lahat, Haryanto SE MM MBA merasa terhormat, Kabupaten Lahat kembali jadi tempat mahasiswa Unsri lakukan KKN. Menurutnya, adanya mahasiswa KKN ikut membawa dampak positif ke masyarakat, khususnya masyarakat desa.

"Lahat ini ada 360 desa, jika ada 700 lagi mahasiswa unsri belum KKN, bawa ke Lahat saja," ujar Haryanto, disela menerima mahasiswa KKN Unsri di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Lahat, Kamis (12/12/2019).

Menurutnya, Kabupaten Lahat ini memiliki beragam adat istiadat, mayoritas masyarakatnya merupakan petani, yang mungkin tidak sama dengan adat mahasiswa. Dirinya berharap, adik-adik mahasiswa bisa dengan mudah beradaptasi dengan suasana di desa.

"Lahat ini memang banyak pertanian. Orang Lahat ini tipikalnya tidak mau diajari, tapi mau kalau ditunjukki. Camat dan Kades, tolong dibina dan diawasi. Adik-adik ini sudah jadi tanggung jawab kita," katanya.Sementara, Kepala KKN Universitas Sriwijaya, Dr Profesor, Abu Umayah MS menuturkan, KKN angkatan ke 92 ini, mayoritas mahasiswanya berasal dari fakultas pertanian. Mahasiswa KKN tersebut akan disebar ke 22 desa di Lahat. 

"Untuk mahasiswa, jaga etika dan perilaku di masyarakat. Kenali kondisi lingkungan, sosial budaya, dan perilaku masyarakat. Sehingga bisa dijadikan sebagai bahan laporan akhir," pesan Abu Umayah.

 

Reporter : Ferry Andhika Editor : AT Alam 213