Berita :: GLOBALPLANET.news

Empat SD dan Lima SMP di OKU Timur terima pemghargaan PJAS yang diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir H Mawardi Yahya MM (FOTO : IST)

18 Desember 2019 20:25:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Berkat keberhasilan mengawasi dan menjaga hiegenis pangan jajanan di sekolah empat Sekolah Dasar (SD) dan lima Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bumi Sebiduk Sehaluan berhasil meraih Piagam Bintang Intervensi Keamanan Panganan Jajan Anak Sekolah (PJAS).

PJAS untuk 100 SD dan SMP di Sumsel diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumsel Ir H Mawardi Yahya MM, di Palembang pada Rabu (18/12/2019). 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, SP, melalui Kasi Peserta Didik dan Pendidikan Karakter Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Elizar, mengatakan dari 100 SD dan SMP yang menerima pemghargaan PJAS ini sembilannya berasal dari OKU Timur.

Dia menambahkan Keempat SD di Kabupaten yang lebih dikenal sebagai daerah lumbung pangan ini   SDN 11 ,SDN 19, SDN 20 Kecamatan Martapura dan SDN Jelabat Kecamatan Belitang.

Sedangkan tingkat SMP sebanyak lima sekolah SMPN 1 dan SMPN 2 Martapura, selanjutnya SMPN 1 Buay Madang Timur, SMPN 1 Belitang dan SMPN 1 Belitang Madang Raya. 

"Kita selalu mengingatkan seluruh SD dan SMP di daerah kita untuk mengawasi panganan jajanan di setiap sekolah, agar tetap hiegnis dan layak konsumsi," ujarnya.

Karena dengan makanan yang bersih dan sehat akan membuat kesehatan peserta didik terjaga. Selain itu setiap sekolah diwajibkan untuk menjaga kebersihan sekolah. Karena kebersihan juga merupakan salah satu faktor menciptakan kenyamanan di lingkungan sekolah. 

Dia menambahkan setiap sekolah juga harus mengingatkan siapun yang berjualanan panganan jajanan di sekolah harus mengutamakan hiegenis dan kebersihan makanan. Jika ada pedagang yang melanggar agar ditegur.

"Langkah ini kita lakukan tidak lain untuk menjaga kesehatan anak didik kita," pungkasnya. 

Reporter : Dadang Dinata Editor : AT Alam 1304