Berita :: GLOBALPLANET.news

(Ilustrasi: Ist)

19 Desember 2019 06:52:00 WIB

GLOBALPLANET - “Disiplinkanlah diri untuk mengerjakan apa yang Anda anggap benar-benar penting. Walau sulit, itulah jalan tertinggi untuk mencapai kepuasan diri, kebanggan, dan harga diri,” kata Brian Tracy.

Seorang remaja sering berubah-ubah pikiran dalam banyak hal. Ia sering tidak puas dengan apa yang ada pada dirinya. Padahal ia seorang remaja yang memiliki banyak kemampuan. Soalnya adalah ia terlalu banyak mendengarkan orang-orang lain. Mereka memberi berbagai nasihat bagi dirinya. Akibatnya, ia tidak bisa mengontrol dirinya. 

“Orang-orang itu selalu memberi nasihat yang macam-macam kepada saya. Akibatnya, saya menjadi bingung, mau ikut yang mana. Saya sulit sekali menjadi diri apa adanya,” kata remaja itu.

Sering orang mengalami kesulitan dalam hidupnya, karena terlalu mendengarkan kata-kata dari orang lain. Begitu banyak nasihat yang baik, sehingga orang sulit memilah-milah mana yang mesti dilakukannya. Akibatnya, orang mengalami kebingungan dalam hidup ini. 

Kisah di atas memberi kita inspirasi untuk menjadi diri sendiri. Kita mesti berani menerima kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Kita mesti sadar bahwa kita bukanlah makhluk sempurna yang menjalani hidup ini. Kita adalah makhluk terbatas yang sedang berjalan menuju kesempurnaan.

Karena itu, yang dibutuhkan adalah kita mampu mendisiplinkan diri kita dari berbagai tawaran yang menggiurkan. Mungkin hal-hal yang kita lakukan kurang berkenan di hati orang lain. Atau mungkin hal-hal yang kita lakukan itu tidak kita sukai, namun sangat berguna bagi kemajuan diri kita. 

Disiplin juga berarti melakukan hal-hal yang belum tentu kita senangi. Setiap pribadi yang sukses adalah orang yang membiasakan dirinya melakukan hal-hal yang tidak disukai, yang tidak akan dapat dilakukan oleh pribadi yang lain. 

Mari kita terus-menerus melakukan hal-hal yang berguna bagi pertumbuhan pribadi kita. Tetap semangat, sahabat-sahabat. Tuhan memberkati. ** 

 

Frans de Sales SCJ

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 96