Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua BPDAS-HL Musi Sumsel, Siswo (tengah) didampingi Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Sumsel, Syafrul Yunardi (kanan) dan Rektor UBD Palembang, Buchari Rachman saat melakukan penandatanganan MoU di lapangan Kampus UBD Palembang, Kamis (30/11/2017). (Foto: Karerek/ GLOBALPLANET.news)

30 November 2017 17:20:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Salah satu yang dilakukan Balai Pengelolaan Lingkungan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Musi Sumatera Selatan (Sumsel) dalam menjaga ekosistem, yakni mengajak wisudawan Universitas Bina Darma (UBD) Palembang untuk menanam pohon.

Kepala BPDAS-HL Musi Sumsel, Siswo mengatakan, ada seribu pohon bibit produktif yang diberikan kepada para wisudawan UBD Palembang untuk ditanam di rumah masing-masing. Bantuan tersebut diharapkan bisa lebih banyak lagi terbangun hutan serbaguna di wilayah Provinsi Sumsel sebagai upaya pemerintah melestarikan lingkungan dan peningkatan kesejahteraaan masyarakat dapat terwujud.

“Penanaman pohon ini merupakan persiapan yang kita lakukan untuk menyiapkan warisan terbaik untuk generasi-generasi berikutnya. Mari mulai dari sekarang, kita tanam dan pelihara pohon minimal 25 batang pohon seumur hidup,” terangnya kepada GLOBALPLANET.news usai melakukan MoU bersama UBD dan Bupati Ogan Ilir (OI) dalam pembangunan hutan serbaguna di lapangan Kampus UBD Palembang, Kamis (30/11/2017).

Dijelaskannya, pihak Dirjen BPDAS-HL Indonesia telah menyediakan sebanyak 60 juta bibit pohon yang dibagikan kepada masyarakat untuk memperbaiki ekosistem alam di Indonesia, termasuk Sumsel.

Kepala BPDAS-HL Musi, Siswo (paling kiri) didampingi Bupati OI, Ilyas Panji Alam foto bersama Dirjen BPDAS-HL Indonesia, Hilman Nugroho (paling kanan) dan Rektor UBD, Buchari Rachman.

“Kita telah melaksanakan program-program gerakan penanaman massal, antara lain dalam kegiatan nikah massal maka calon pengantin harus ikut menanam bibit pohon. Selain itu, mengajak siswa tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat, hingga MoU penanaman pohon bersama perguruan tinggi,” tegasnya.

Sementara, Rektor UBD Palembang, Buchari Rachman mengatakan, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan BPDAS-HL Musi Sumsel untuk membuat hutan serbaguna seluas 10 hektar di Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Diharapkan, keberadaan kebun raya tersebut, bisa berfungsi sebagai pengendalian hutan lindung di Sumsel beberapa tahun mendatang.

“Selain itu, ada seribu bibit yang berasal dari 10 jenis pohon yang dibagikan ke wisudawan UBD untuk ditanam di rumah masing-masing,” ucapnya.

Reporter : Karerek Editor : Hertha Della 1448