Berita :: GLOBALPLANET.news

Proses pelantikan Panwascam oleh Ketua Bawaslu OKU Timur berlangsung pada Senin (23/12/2019). (Foto: Dadant Dinata)

23 Desember 2019 13:19:39 WIB

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Profesionalitas dan indenpendensi Panwascam dalam menjalankan tugas pengawasan harus diutamakan. Karena peranan pengawas dalam pelaksanaan Pilkada sangat penting.

Demikian dikatakan Ketua Bawaslu OKU Timur Ahmad Gufron SE, saat  Pelantikan Panwascam se OKU Timur pada Senin (23/12/2019) di Martapura.

Setiap kecamatan ada tiga Panwascam, setelah dilantik akan semakin banyak tugas yang diemban Panwascam. Panwascam yang dilantik merupakan hasil seleksi yang ketat. 

"Tugas Panwascam pencegahan, pengawasan, penindakan, keprofesionalan dan idenfendensi harus diutamakan. Seluruh petugas Panwascam harus bekerja ekstra dan solid dalam menyukseskan pesta demokrasi. 
Dalam setiap pekerjaan pasti ditemukan kendala. Saya harapkan setiap kendala bisa diselesaikan dengan musyawarah dan mupakat," ungkapnya.

Calon pemimpin harus mengajari cara demokrasi yang baik sehingga penyelenggaraan Pilkada di Bumi Sebiduk Sehaluan bisa berjalan dengan aman dan lancar. "Tugas kita bersama untuk menyukseskan Pilkada 2020,"imbuhnya.

Sedangkan, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi S.Sos, MSi, 2020 OKU Timur akan menyelenggarakan pemihan bupati dan wakil bupati. Sehingga disiapkan petugas Panwascam agar pelaksanaan bisa berjalan dengan baik.

 Panwascam bertugas mengawasi, pengawasan dilakukan dari awal. Agar semininamal mungkin masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih sehingga harus gencar dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat.

"Daerah kita dikenal dengan tingkat partisipasi yang tinggi sehingga ini harus ditingkatkan," katanya.

Selain itu, tugas yang diemban mengawasi saat perhitungan di tingkat kecamatan, karena ini merupakan dasar penghitungan di tingkat kabupaten. "Jangan sampai terjadi perbedaan penghitungan," terangnya. 

Bupati juga menambahkan, pelaksanaan Pilkada itu mudah sekali karena pesertanya berbeda dengan Pileg yang pesertanya cukup banyak. Kaderisasi dari partai tidak menghasilkan tokoh yang harapkan masyarakat sehingga peserta Pilkada biasanya sedikit. 

Panwascam harus bekerja dengan kompak sebagai kunci suksesnya pelaksanaan. OKU Timur 2010 berhasil meraih Rekor MURI KPU karena sukses menyelenggarakan dan calon mendpata rekor karena berhasil meraih suara hingga mencapai 94 persen dan perolehan ini belum terkalahkan di Indonesia. 

Dia juga menambahkan Balon yang sudah memasang baleho belum tentu maju sedangkan sebaliknya yang tidak memasang baleho belum tentu tidak maju.  Nanti yang lolos mendaftar di KPU itu yang maju.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 872