loader

Berbekal Rekaman CCTV Polsek BP Peliung Berhasil Bekuk Pelaku Curat

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Tersangka dibekuk di Desa Pemetung Basuki Kecamatan BP Peliung, OKU Timur pada Minggu (05/01/2019) tidak lama dari tersangka melancarkan aksinya. Dasar penangkapan terhadap pelaku 0Laporan Polisi Nomor : LP-B / 01 / I / 2020 / SUMSEL / OKUT/ Sek.BP Peliung. tgl.5 Januari 2020. Atas laporan korban HM Salman (45) warga  Desa Pemetung Basuki Rt 08,  Rw 03 Kecamatan  Buay Pemuka Peliung, OKU Timur

Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya SH, SIK, melalui Kapolsek Buay Pemuka Peliung Ipda Sairoji, SH pada Senin (06/01/2019) mengatakan, sebelum  terangka dibekuk, terlebih dahulu memerintahkan Kanit Reskrim  Bripka Mahardi, beserta anggota untuk mendatangi dan mengolah TKP. 

Kemudian memerintahkan untuk mencari dan mengumpulkan keterangan saksi-saki disekitar TKP, hingga anggota melihat pada rekaman CCTV  seorang laki-laki yang berhasil masuk ke dalam rumah korban untuk melakukan pencurian.

Kemudian anggota menyelidiki siapa orang yang ada di dalam kamera CCTV terssebut.  Berdasarkan info dari msyarakat ada orang yang mirip dengan pelaku yang ada di dalam kamera cctv tersebut, kemudian anggota langsung mngamankan orang tersebut. 

Kemudian untuk melakukan pembuktian dari pelaku, Kapolsek Buay Pemuka  Peliung meminta pemeriksaan Bantek Identifikasi kepada Kasat Keskrim, lalu Kasat Reskrim memerintahkan Team Inafis Polres OKU Timur untuk melakukan olah TKP dan ditemukanlah sidik jari pelaku masih menempel di kotak amal Masjid Nurul Hidayah Pemetung Basuki yang dititipkan di toko milik korban HM Salman.

"Setelah dilakukan pemeriksaan jejak sidik jari di TKP yang hasilnya sama dengan sidik jari pelaku, sehingga pelaku dilakukan pemeriksaan awal kemudian anggota berhasil mendapatkan barang bukti uang hasil pencurian yg dilakukan oleh pelaku, lalubpelaku berikut Barang Bukti digelandang di Polsek Buay Pemuka  Peliung untuk penyidikan lebih lanjut," ungkapnya.

Sedangkan kronologis kejadian pada  Sabtu (04/01/2020) sekitar pukul 21.30 Wib di toko korban HM Salman. Dalam melancarkan aksi kejahatannya pelaku masuk melalui atap rumah maupun  toko milik korban. "Kemudian pelaku mengambil sejumlah uang yang berada di dalam toko yang letaknya berada di dalam kotak amal dan di dalam laci di toko milik korban," tambahnya.

Korban berusaha mencari tahu dengan cara melihat melalui rekaman cctv di tokonya, di dalam rekaman CCTV tersebut terlihat ada seorang laki-laki yg masuk ke dalam tokonya hingga berhasil membongkar kotak amal masjid yang berada di dalam tokonya dan mengambil uang di dalamnya.

"Kita sangat berterimakasih dengan adanya rekaman CCTV sehingga pelaku bisa kita lacak,"tegasnya.

Share

Ads