loader

Waspada Penyakit di Musim Hujan, Masyarakat Diminta Bersihkan Sarang Nyamuk

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Plt Kepala Dinas Kesehatan, Kabupaten Lahat, Ponco Wibowo SKM MKes melalu Kabid P2P, Hj Agustia Ningsih SKM MKes mengatakan, beberapa penyakit pada saat musim penghujan yang mesti diwaspadai, yakni, DBD, Malaria, Diare dan lain lain.

"Apalagi dibeberapa daerah yang terkena banjir harus waspada juga dengan penyakit kulit," ujarnya, saat dibincangi diruang kerjanya, Selasa (7/1/2020)

Kemudian Kata Agustia, sepanjang tahun 2019 saja, DBD tercatat ada sebanyak 70 Kasus, Malaria 50 kasus, serta diare yang mencapai ribuan kasusz namun cepat dilakukan penanganan.

"Itu kasus ( malaria dan DBD) positif yang sudah dilakukan pemeriksaan di laboraturium. Untuk tahun ini (2020) belum ada laporan, hanya ada masyarakat minta fogging diwilayahnya," terangnya

Selain diminta untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat, masyarakat juga diminta untuk rajin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN) dengan Menguras, menutup, memanfaatkan ( 3M ) minimal satu minggu sekali. Mengingat, Kata Agustia, untuk melakukan tindakan penanganan penyakit, salah satunya DBD tidak hanya pemerintah, namun peran dari masyarakat sangat diperlukan. Dan perlu dilakukan secara berkelanjutan tahun, dan ditingkatkan  pada saat musim pabcaroba hujan.

"Itu (PSN) hal yang sangat efektif untuk menghindari penyakit seperti malaria DBD dan lainnya yang berhubungan dengan nyamuk. Kita sarankan juga masyarakat tidur menggunakan kelambu," sampainya seraya menjelaskan, kalau fogging sifatnya hanya pencegahan selama sekitar tiga hari, nyamuk bisa datang lagi setelah itu.

DBD

Share

Ads