Berita :: GLOBALPLANET.news

Tampak Jembatan Endikat milik negara yang sudah kondisi badannya sudah jebol. Meski sudah diperbaiki menggunakan papan, namun kendaraan yang melintas tetap harus ekstra hati-hati. (Foto: Ist)

02 Desember 2017 09:46:00 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Jalan yang ada di Kota Pagaralam tidak seluruhnya merupakan jalan milik daerah yang berada dibawah naungan Pemkot Pagaralam. Ada beberapa jalan berstatus milik provinsi dan negara. Untuk itulah, jika jalan tersebut mengalami kerusakan, Pemkot Pagaralam tak berdaya untuk memperbaikinya.

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, saat ini untuk jalan dalam kota atau berstatus jalan daerah telah dilakukan perbaikan. Untuk itulah, jalan statsunya milik Pemerintah daerah Pagaralam dalam kondisi bagus.

"Untuk jalan dalam kota atau jalan daerah sudah kita perbaiki melalui dana pemeliharaan dari APBD Kota Pagaralam. Alhamdulillah, pekerjaan hampir rampung sehingga jalan dalam kota tidak lagi berlubang," ujar Ida, Sabtu (2/12/2017).

Namun kata dia, banyak masyarakat yang belum memahami akan status jalan ini, sehingga jika terjadi kerusakan selalu mengeluh kepada Pemkot Pagaralam. Padahal, untuk jalan provinsi dan jalan negara, pihaknya tidak dapat melakukan perbaikan, karena tidak diperbolehkan. 

"Kalau jalan provinsi, pihak provinsilah yang berwenang melakukan perbaikan. Begitu juga jalan negara, Balai Besar Jalan dan Jembatan yang berwenang memperbaikinya sebagai perwakilan pemerintah pusat," jelasnya.

Dikatakan Ida, ada jalan negara dalam Kota Pagaralam yang mengalami kerusakan cukup memprihatinkan, yaitu dari Simpang Manak Pagaralam Selatan-Endikat Dusun Mingkik, Kecamatan Dempo Selatan. 

"Jalan ini adalah jalan negara, dan kita tidak dapat melakukan perbaikan. Akan tetapi, kita sudah melaporkan kerusakan ini baik lisan maupun tulisan. Alhamdulillah, 2018 sudah dianggarkan pemerintah pusat dan akan dilakukan perbaikan," bebernya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga (BM) Dinas PUPR Kota Pagaralam, Ardiansyah memastikan, kalau kondisi jalan negara di Kota Pagaralam cukup memprihatinkan. Salah satunya, Jembatan Endikat yang kondisi badan jembatannya sudah jebol. 

"Sudah kita laporkan kepada pihak yang berwenang mengenai kerusakan jalan negara ini. Informasi yang kita dapat 2018 akan diperbaiki. Untuk itu, masyarakat harus bersabar," tukasnya.
 

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Amizon 1917