Berita :: GLOBALPLANET.news

10 Januari 2020 07:07:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - PT Pertamina EP Asset 1 Jambi dan Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (“PHE Jambi Merang) memperoleh Proper Emas yang merupakan penghargaan tertinggi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di bidang pengelolaan lingkungan hidup dan tanggung jawab sosial untuk periode 2018-2019.

Pencapaian ini merupakan sebuah hasil dari upaya yang selama ini telah dilakukan dengan baik oleh masing-masing KKKS untuk terus memberikan kontribusi positif tidak hanya dalam proses produksi, namun juga atas kepedulian terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dilaksanakan. 

Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, di Istana Wakil Presiden Jakarta, Rabu, (08/01/2020). Hadir langsung untuk menerima penghargaan tersebut Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan Samsu beserta jajaran direksi PT Pertamina EP.

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam sambutannya berpesan kepada perusahaan yang mendapatkan penghargaan Proper Emas untuk mempertahankan serta lebih menjaga lingkungan hidup dalam setiap kegiatan operasionalnya. 

"Menjaga lingkungan harus bisa dilaksanakan, jangan sampai ada pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh operasi industri," pesannya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada KKKS yang telah berhasil meraih penghargaan tersebut. 

"Saya ucapkan selamat dan mengapresiasi seluruh upaya yang telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 1 Jambi dan PHE Jambi Merang. Semoga hal ini juga dapat memotivasi KKKS di Wilayah Sumbagsel lainnya agar dapat memperoleh capaian serupa di masa mendatang,” ungkapnya. 

Menurutnya, peringkat Emas ini menunjukkan bahwa perusahaan telah mencapai tahap beyond compliance atau melampaui ketaatan, dimana perusahaan tidak hanya sekedar menjalankan program, namun juga menerapkan inovasi yang unik dan komitmen terhadap upaya penyelamatan lingkungan dalam setiap programnya.

Adapun yang berhasil diraih proper pertama untuk field Jambi dengan berbagai program diantaranya adalah :

1. Sekolah Bersinar (Bersih dari Narkoba), sejak awal tahun 2019. Menciptakan Sekolah Percontohan di Kampung Legok yang rentan kasus penyalahgunaan Narkoba.

2. Pengembangan Batik Ramah Lingkungan di Desa Legok, sejak tahun 2017, sebagai salah satu kegiatan peningkatan ekonomi dalam memberdayakan masyarakat untuk berkegiatan positif yang dapat meningkatkan pendapatan dan sebagai wadah sosialisasi bahaya narkoba.

 3. Pengembangan Kerajinan Sablon Tematik Anti Narkoba di Desa Legok, sejak awal tahun 2019. 

4. Pemberdayaan Batik Tulis Ramah Lingkungan Bagi Warga Lapas Perempuan kelas II B Kota Jambi, sejak tahun 2017, agar warga binaan lapas perempuan yang mayoritas menjadi binaannya untuk dapat menjadi bekal berkarya dan mandiri pasca menjalani hukumannya di lapas saat kembali ke masyarakat.

5. Rumbai (Rumah Belajar Pertamina) di Kenali Asam Atas, berdiri sejak tahun 2015, merupakan kegiatan pengembangan literasi bagi masyarakat sekaligus wadah edukasi penyelamatan lingkungan melalui program siku sipah (sikok buku sikok sampah), yaitu peminjaman buku dengan menukarannya dengan sampah botol plastik.

6. Healthy Camp di Desa Pompa Air, sejak tahun 2017, Pemberdayaan Posyandu dan Kader Posyandu dalam peningkatan pelayanan Kesehatan untuk melawan stunting, gizi kurang dan gizi buruk.

7. Kerajinan anyaman Resam di Desa Pompa Air, sejak tahun 2017.

8. Pemberdayaan Suku Anak Dalam Desa Hajran, sejak tahun 2019 awal, dengan melakukan kegiatan pendidikan bagi anak usia sekolah, perilaku hidup bersih dan sehat, pembangunan rumah tinggal dan balai belajar serta pemberdayaan ekonomi SAD melalui pertanian palawija. 

Sementara itu, Pertamina Hulu Energi (PHE) Jambi Merang yang mengangkat tema melanjutkan, mengembangkan, mereplikasi dan berinovasi menuju masyarakat mandiri yang cinta bumi, PHE Jambi Merang sebagai perusahaan yang mempunyai komitmen dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat di sekitar wilayah operasi selalu melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan tiga program unggulan pada tahun 2019, diantaranya Program Masyarakat Adat, Minoritas Suku Anak Dalam

Program Ecoriparian Lentera Lestari Lalan (3L), dan Desa Cinta Bumi Tanggap Api.

Ketiga program unggulan tersebut berhasil membawa PHE Jambi Merang kembali meraih Proper emas untuk ke-empat kalinya. Tahun ini PHE Jambi Merang melakukan pengembangan di tiga program unggulan dengan berbagai inovasi seperti di pusat edukasi program Ecoriparian Lentera Lestari Lalan terdapat AMOBA (Arena Mobil Balap Bayung Lencir) sebagai sarana rekreasi dan tempat bermain.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 46