Berita :: GLOBALPLANET.news

Diduga akibat terkikis air sungai membuat jembatan Ning yang merupakan jembatan penghubung Gumawang Kecamatan Buay Madang Raya terganggu. (Foto: ist)

14 Januari 2020 10:21:03 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Akses lalu lintas di Desa Tugumulyo Bangsa Negara dan Desa Gumawang Kecamatan Buay Madang Raya terganggu. Akibat jembatan Ning yang merupakan satu-satunya jembatan penghubung kedua ini ambruk. Jebolnya jembatan ini diduga akibat terkikis air sungai.

Sekretaris Desa Tugumulyo  Budianto, pada Selasa (15/01/2020) mengatakan pengikisan tersebut terjadi dari musim penghujan tahun lalu dan belum ada perbaikan sampai jembatan tersebut jebol. Ambruknya jembatan ini pada Senin (13/01/2020) malam.

“Usia jembatan Ning kurang lebih sekitar 10 tahun dan baru pertama kali ini mengalami kerusakan. Jembatan Ning merupakan jembatan satu satunya penghubung beberapa desa kecamatan Belitang ke Belitang Madang Raya dan kini sudah dilakukan perbaikan yaitu dengan membuat jembatan darurat,”katanya.

Sebagai jalan alternatif, bagi masyarakat Tugumulyo yang hendak ke Gumawang bisa melalui jalan Desa Tuguharum maupun Desa Pelita Jaya dengan melintas di pinggiran sawah,imbuhnya.

“Jembatan Ning diharapkan segera diperbaiki supaya tidak berdampak pada lumpuhnya transportasi dan jembatan tersebut satu-satunya urat nadi masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil bumi,” tambahnya.

Sebelumnya, akibat putusnya jembatan tersebut banyak pedagang durian yang mengeluh karena terkendala untuk mengirimkan buah durian ke daerah sekitar dan keluar kabupaten.

Reporter : Dadang Dinata Editor : M.Rohali 75