Berita :: GLOBALPLANET.news

14 Januari 2020 14:01:31 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Derasnya arus dan peningkatan permukaan air Sungai Musi di musim hujan membuat jalan Desa Batu Raja Baru dan Desa Sugiwaras di Tebing Tinggi, Empat Lawang, di Sumsel amblas hingga menyisakan sebagian kecil badan jalan.

Akibatnya, mobil besar seperti truk tidak dapat lagi melintas. Mobil kecil pun harus ekstra hati-hati karena badan jalan yang amblas ke sungai. Kondisi ini sangat berbahaya, karena itu Camat Tebing Tinggi bersama unsur Tripika meninjau lokasi amblasnya jalan, Selasa (14/1/2020).

Camat Tebing Tinggi Sormi Azhar melalui Kasi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Hadi Hermanto mengatakan, kondisi akses jalan penghubung Baturaja Baru dan Sugiwaras sudah sedikit demi sedikit amblas akibat tergerus oleh luapan Sungai Musi.

"Kita sudah memasang papan informasi yang mengimbau supaya warga yang melintas tahu bahwa di sana ada jalan amblas," ungkapnya.

Kepada masyarakat yang rumahnya di pinggiran sungai agar selalu berhati-hati mengingat ini musim penghujan yang rawan terjadi banjir dan tanah longsor.

"Bagi rumah warga yang di pinggiran sungai atau pun di bawah tebing agar tetap waspada apabila mempunyai barang-barang berharga sekiranya dapat  dititipkan dan di amankan dahulu dan mari kita menjaga kebersihan, seperti membersihkan selokan jangan sampai tersumbat karena bisa berdampak banjir maupun bisa menimbulkan gejala penyakit bila air selalu tergenang," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolsek Tebing Tinggi Kompol Hardiman didampingi Danramil Tebing Tinggi Kapten Inf Mulyadi mengatakan, kalau melihat kondisi di lokasi jalan yang mengalami longsor tersebut semakin hari tergerus oleh hantamab arus sungai. “Sepertinya harus di alihkan jalan ini supaya masih bisa digunakan sebagai akses,” ungkapnya.

Reporter : Rody Hartono Editor : Zul Mulkan 198