loader

Modus Teknisi PLN, Dua Pencuri Gasak Kabel Kompleks Jakabaring Sport City

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Toni (40) dan Mona (24) pelaku yang tinggal di Tegal Binangun. berhasil mencuri kabel listrik ini bercerita bahwa keduanya diamankan petugas keamanan saat mempreteli kabel di gelanggang renang Aquatic.

"Saya dapat seragam teknisi listrik dari Nanang tetangga saya yang memang pernah kerja di kelistrikan," ujar Toni saat ditemui di Halaman Polrestabes Palembang.

Toni mengaku kabel hasil curian tersebut biasanya dijual seharga Rp 68 ribu perkilogram ke pengepul barang bekas.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji melalui Kasat Reskrim, AKBP Nuryono mengungkapkan, kedua pelaku melancarkan aksinya dengan berpura-pura menjadi teknisi listrik.

"Kedua pelaku masuk ke gelanggang renang dengan mengenakan seragam teknisi listrik sehingga aksi keduanya sempat tidak dicurigai," jelas Nuryono kepada awak media.

Setelah masuk ke dalam gelanggang renang, kedua pelaku dengan leluasa memotong kabel total seberat 20 kilogram dengan menggunakan gergaji besi.

Petugas keamanan yang curiga dengan gerak-gerik keduanya, lalu menghubungi polisi. "Mendapat laporan, anggota Unit Pidum langsung menuju TKP dan meringkus kedua pelaku," ungkap Nuryono.

Kedua pelaku pun tidak berkutik saat diamankan petugas beserta barang bukti dari tangan keduanya. "Petugas semakin curiga jika keduanya merupakan teknisi gadungan karena salah seorang pelaku pernah ditangkap karena kasus begal," terang Nuryono.

Sebelum mencuri kabel di komplek olahraga JSC, kedua pelaku juga pernah mencuri kabel di jalan tol Palindra akses Pemulutan, di Universitas Kader Bangsa (UKB) Palembang dan Tegal Binangun di wilayah Kabupaten Banyuasin. Atas tindakannya tersebut keduanya dikenakan pasal 363 dengan ancaman 7 tahun penjara.

Share

Ads