loader

2020, Jalan Sepanjang 932,57 Kilometer Ditarget Rampung

Foto

OKUT , GLOBALPLANET.news - Jalan sepanjang 932,57 kilometer akan ditarget rampung pada 2020.

Sekretaris Dinas PUTR OKU Timur Melwi Ruslan mengatakan, jalan kabupaten sepanjang 932,57 kilometer yang sudah diperbaiki cukup banyak. Secara rinci berapa panjang yang sudah diperbaiki belum terdata, namun data terkait jalan kabupaten sudah didata melalui kategori jalan baik, sedang, rusak ringan dan rusak berat.

Pada  2019, jalan kabupaten yang kategori baik maupun jalan yang dalam kondisi mulus sepanjang 336,11 kilometer. Untuk jalan kabupaten dengan kategori sedang maupun  jalan dalam kondisi cukup mulus sepanjang 270,15 kilometer. 

Jalan rusak ringan yang masih bisa dilalui kendaraan roda empat sepanjang 208,44 kilometer. Sedangkan yang rusak parah maupun  dalam kondisi masih jalan tanah maupun yang pernah dibatu tapi kembali berlubang sepanjang 117,87 kilometer.

"Jalan kabupaten yang layak dan dalam kondisi baik cukup banyak sebesar 65 persen dari total panjang jalan kabupaten. Untuk jalan yang rusak berat sebesar 12,64 persen," katanya Selasa (21/01/2020). 

Pada 2020, Pemkab OKU Timur mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 25 miliar untuk perbaikan ruas jalan kabupaten yang rusak berat. Jalan kabupaten yang konsisinya sedang dan rusak ringan akan ditangani melalui Dana Alokasi Umum (DAU).

"Dana DAK itu akan difokuskan untuk duabruas jalan kabupaten yang benar benar dalam kondisi rusak berat,"ungkapnya.

Selain bersumber dari DAK dan DAU, pihaknya telah mengajukan bantuan gubernur (Bangub) kepada Pemerintah Provinsi Sumsel untuk perbaikan infrastruktur jalan, seperti jalan Gumawang-Simpang Kepuh, jalan Petanggan-Betung dan jalan lingot yang akan diusulkan untuk di aspal.

"Bangub yang kita dapat dalam bentuk uang dan kita juga mendapat bangub dalam bentuk fisik melalui perbaikan jalan yang dilakukan oleh Pemprov Sumsel," pungkasnya. 

Share

Ads