loader

Dinkes Sumsel Ingatkan Kewaspadaan Kabupaten - Kota Terhadap Virus Corona

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Kabid Pengendalian dan Pencegahan penyakit Ferry Yanuar SKM MKes melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi Anita Rianti Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan SMB II dan KKP untuk melakukan pengawasan terhadap kedatangan internasional.

Dinas Kesehatan Provinsi juga akan memberikan instruksi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk melakukan pengamatan terhadap peningkatan kasus Pneumonia, penyakit yang disebabkan oleh virus Corona di wilayah masing-masing. 

"Menginstruksikan kepada puskesmas atau rumah sakit di wilayah masing-masing, agar petugas kesehatan memantau lebih ketat dan melakukan isolasi pasien dengan gejala Pneumonia dan ada riwayat perjalanan dari negara terjangkit dalam 14 (empat belas) hari sebelum munculnya gejala," kata Anita Jumat (24/1/2020).

Menurutnya yang dikhawatirkan adalah virus tersebut terdeteksi ketika seseorang telah masuk ke daerah dengan gejala yang umum, seperti suhu tubuh meningkat (demam), batuk, dan nyeri tenggorakan.

Untuk di daerah pendeteksian dilakukan berdasarkan klinis yang ada seperti riwayat perjalanan dan makanan.

"Karena bisa saja sewaktu di Bandara atau Pelabuhan suhu tubuhnya belum meningkat sehingga tak terdeteksi alat Thermal. Makanya kita instruksikan Kabupaten dan Kota agar ketika menemukan gejala tersebut segera rujuk ke rumah sakit terdekat dan pasien harus di isolasi," ujarnya 

Masih kata dia, ketika dicurigai terkena virus Corona pasien akan ditanyakan mengenai riwayat perjalanannya, biasanya tidak semua Rumah Sakit punya ruang isolasi khusus ketika gejala sesuai dengan virus Corona, Rumah Sakit akan berkonsultasi dengan Dinkes Provinsi untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Kalau memang pasien dianggap berat kami akan rujuk ke RS Muhammad Hoesin, karena RSMH yang punya ruang isolasi," tambahnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat tentang virus Corona ini agar mencegah penularannya dengan cuci tangan pakai  sabun dan etika batuk atau bersin. Serta anjuran agar segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, bila  mengalami gejala demam, batuk, sesak dan gangguan pernafasan serta memiliki riwayat perjalanan dari negara terjangkit.

Share

Ads