loader

Alfrenzi Panggarbesi Dorong Pembentukan Forum DAS di Pagaralam

Foto

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Pernyataan tersebut disampaikan H Alfrenzi Panggarbesi ketika berkoordinasi dengan Walikota Pagaralam dalam rangka persiapan pelaksanan camping bersama Gubernur Sumsel H Herman Deru di Camping Ground Rizal Pelang Kenidai di Kota Pagaralam, Senin (27/1/2020). 

"Forum ini nantinya akan menjadi mitra Pemkot Pagaralam untuk mengelola, menjaga dan mengawasi kawasan DAS. Nantinya forum ini akan diisi para akademisi, pejabat teknis, tokoh masyarakat, aktivis penggiat lingkungan dan pecinta Lingkungan Hidup," kata Alfrenzi.

Dikatakannya, Forum DAS dinilai penting dibentuk di Kota Pagaralam, pasalnya di Pagaralam banyak sekali kawasan DAS yang mulai beralih menjadi permukiman. Namun hal tersebut tetap bisa menjadi perhatian khusus forum ini agar bisa tetap menjaga ekosistem dikawasan DAS. Apalagi, Pemerintah Provinsi juga bisa membantu penanganan daerah aliran sungai melalui kegiatan Forum DAS.
 
“Melalui forum ini, kita dapat mengoptimalkan keterlibatan semua pihak dalam pengelolaan DAS di Kota Pagaralam, sehingga kita bisa mewujudkan pengelolaan DAS sebagai satu kesatuan ekosistem dari hulu sampai hilir,” ungkap dia.

Ditambahkannya, Forum DAS ini nantinya akan mengawasi kawasan DAS agar tidak dirusak. Pasalnya jika kawasan DAS dirusak maka akan ada ekosistem dikawasan tersebut yang akan rusak seperti longsor, bajir bandang dan lainnya.

"Jika DAS tidak dikelola dan diawasi secara intensif maka dikhawatirkan akan rusak. Pasalnya kemajuan pembangunan bisa mengancam kawasan DAS itu sendiri," ungkapnya lagi.

Namun bagi kawasan DAS yang memang sudah beralih fungsi menjadi kawasan permukiman maka bentuk pengawasan juga berbeda yaitu dengan cara mengawasi agar sungai yang ada dikawasan tersebut jangan dicemari atau menjadi tempat pembuangan sampah.

Menanggapi hal itu, Walikota Pagaralam, Alpian Maskoni sangat mengapresiasi usulan tersebut. Bahkan, pihaknya meminta syarat dan regulasi agar Forum DAS ini bisa dibentuk dan secara resmi bisa dikukuhkan serta disaksikan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

"Saya sangat setuju pembantukan Forum DAS di Kota Pagaralam. Pasalnya jika forum tersebut terbentuk maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pagaralam akan terbantu dalam tugas pengawasan kawasan DAS itu sendiri," kata Alpian.

Apalagi, kata dia, Kota Pagaralam dengan kontur yang berbukit ini maka kondisi hutan dan aliran sungai harus terjaga. Diharapkan, melalui forum yang diisi semua elemen ini bisa bekerjasama mengatasi itu.

Share

Ads