Berita :: GLOBALPLANET.news

31 Januari 2020 11:23:38 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI-OI melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 402-10/Kayuagung melaksanakan kegiatan penghijauan di sekitar Jalan M Nuh Macan di Kelurahan Paku dan Kelurahan Sukadana Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Jum'at (31/01/2020) pagi.

Selain dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) Letkol Czi Zamroni S.Sos yang diwakili oleh Komandan Koramil (Danramil) 402-10/Kayuagung, Kapten Inf Indro Saswanto, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolres OKI, AKBP Donni Eka Syaputra SH S.Ik MM yang diwakili oleh Kasubbag Humas Polres OKI AKP Iryansyah, Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Jauhari, Kapolsek Kayuagung, Camat, Lurah, dan beberapa personel Kodim 0402/OKI-OI dan Polres OKI, serta Persit KCK cabang XXXVII dan beberapa mahasiswa-mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang dan Siswa SMU Negeri 1 Kayuagung.

Danramil 4020-10/Kayuagung, Kapten Inf Indro Saswanto menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, sebanyak 100 bibit pohon ditanam di pinggir sungai komering, mulai dari Kelurahan Paku, hingga Kelurahan Sukadana Kecamatan Kayuagung.

Menurutnya, gerakan penghijauan ini sangat penting dilaksanakan, karena banyak manfaat yang akan diperoleh.

Selain mampu menahan erosi, buah yang dihasilkan oleh pohon tersebut nantinya juga dapat dipetik dan dikonsumsi oleh warga sekitar.

"Pada saat proses fotosintesis, pohon ini juga mampu menyerap karbondioksida yang ditimbulkan dari asap knalpot kendaraan yang berlalu lalang disekitarnya. Nah, dari hasil proses fotosintesis itu juga pohon ini menghasilkan oksigen sehingga kualitas udara disekitar menjadi lebih segar," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya penanaman 100 bibit pohon ini kiranya dapat berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang asri bagi masyarakat sekitar, yang nantinya dapat juga dinikmati oleh anak cucu.

"Semoga ini dapat membantu dalam hal pencegahan bencana alam (erosi) yang mungkin sewaktu-waktu bisa terjadi," tandasnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 461