Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati Lahat, Cik Ujang SH bersama rombongan saat bergotong royong membersihkan Tebat Lempaung. (Foto: Ist)

03 Februari 2020 06:12:07 WIB

LAHAT, GLOBALPLANET - Warga Desa Gedung Agung, Kecamatan Merapi Timur, Kabupaten Lahat optimis wisata air Tebat Lempaung bakal berkembang ke depan. Hal ini lantaran warga antusias dan bergotong royong membersihkan Tebat Lempaung.

Tak hanya itu, lokasi tebat juga strategis berada di pinggir jalan Lintas Sumatera, Lahat- Muara Enim. Serta dukungan dari pihak Kodim 0405 Lahat serta Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Bupati Lahat Cik Ujang SH bersama Dandim 0405 Lahat Letkol Kav Sungudi dan pihak Polres Lahat pada Minggu (3/2/2020) ikut bersama warga bergotong royong membersihkan kawasan tebat.

"Kita apresiasi semangat warga desa yang berkeinginan Tebat Lempaung ini (berkembang). Akan kita bantu dan support serta doakan semoga berkembang," tegas Bupati Lahat.

Selain gotong royong, juga digelar pelepasan ikan secara simbolis dan penanaman pohon di sekitar tebat. Ikan Nila sebanyak 10 ribu serta pohon merupakan bantuan dari pihak Kodim 0405 Lahat. 

Sementara Ketua Pok Darwis Tebat Lempaung, Abdul Azis (34) menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih melakukan persiapan- persiapan guna membangun wisata Air Tebat Lempaung. Rencananya akan diresmikan pada tahun 2020 ini. Namun rencana ke depan, bakal terlebih dahulu digelar lomba bidar mini. Sementara untuk wisata air nantinya akan dibangun wisata pemancingan, flying fox, jogging track dan lainnya. 

"Untuk dananya, saat ini masyarakat masih swadaya. Namun sudah ada pihak- pihak ketiga yang telah membantu. Kedepan pemerintah desa juga akan berupaya membantu untuk dianggarkan melalui Dana desa," ungkap Abdul Azis.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata Lahat, Safrani Cikmin menambahkan bahwa pihaknya mendukung dan merespon kegiatan positif tersebut. "Karena dari dampak wisata bisa membentuk ekonomi kreatif dan memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat," katanya.

Reporter : Ferry Andhika Editor : Zul Mulkan 183