Berita :: GLOBALPLANET.news

06 Februari 2020 20:33:15 WIB

MUARA ENIM, GLOBALPLANET - Sejumlah mahasiwa program beasiswa CSR PT Bukit Asam memberikan materi motivasi jelang penerimaan program Bidiksiba tahun 2020. SMA Bukit Asam (SMABA) memfasilitasi, dan memberikan waktu sekitar 60 menit kepada para mahasiswa Politeknik Sriwijaya Palembang mengisi materi kepada sekitar 200 siswa kelas XII disekolah binaan Bukit Asam Foundation (BAF) tersebut, Kamis (6/2/2020).

Andrea Glrys (18), mahasiswa Politeknik Sriwijaya jurusan Teknik Kimia mengungkapkan, berkat mengikuti program beasiswa CSR Bukit Asam itu Ia bisa menikmati pendidikan di Perguruan Tinggi (PT). Sebelumnya, alumni SMK Bukit Asam tahun 2019 ini tidak pernah terpikir bisa menikmati kuliah. Hal itu dikarenakan tidak adanya biaya mendukung.

"Jika tidak lolos program Bidiksiba, sampai sekarang ini mungkin saya tidak bisa kuliah. Menurut saya, meskipun kita dari keluarga miskin, tapi teman-teman jangan putus asa, ada program CSR PTBA yang bisa kita dapatkan untuk mewujudkan cita-cita," kata Andrea.

Andrea merupakan warga Kelurahan Pasar Tanjung Enim termasuk warga ring satu perusahaan. Dia mengatakan, masuk ke jurusan Teknik Kimia ini bukan tanpa alasan, Andrea ingin setelah lulus kuliah nanti bisa bekerja di sektor pertambangan, maupun sektor kesehatan sesuai dengan jurusannya.

"Prospek kerja sangat luas, seperti menjadi apoteker, sektor pertambangan. Kalau saya inginnya bisa bekerja di PT Pusri Palembang," katanya.

Hal senada diungkapkan, Junia Maulina (18), alumni SMK Bina Mulya Tanjung Enim ini beruntung mendapatkan beasiswa Bidiksiba dari CSR Bukit Asam. Dengan mengikuti program ini, dia berharap mudah-mudahan mempunyai masa depan yang baik. Bisa mengangkat kesejahteraan keluarga, serta bisa menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat.

"Kuncinya adalah belajar dan berusaha, serta berdoa. Mudah-mudahan adik-adik yang mengikuti seleksi program Bidiksiba nantinya bisa lolos sesuai dengan kreteria yang diminta perusahaan," ungkap warga Bara Lestari I Keban Agung ini.

Sementara itu, Syamsuir, Koordinator Program Bidiksiba PT Bukit Asam menjelaskan, tahun ini program Bidiksiba CSR Bukit Asam masih diteruskan dengan kuota sama seperti tahun sebelumnya.

"Tahun ini masih sama, Polsri 25 dan Polinema 25 orang, untuk seluruh wilayah kerja PTBA. Dan tahun ini tahapan penerimaan belum dimulai, dan acara yang digelar di SMA Bukit Asam itu hanya untuk memberikan motivasi kepada siswa disana," kata Syam dihubungi media ini.

Reporter : Eko Editor : Zul Mulkan 146