Berita :: GLOBALPLANET.news

Pengunjung Danau Batang Hari Siku di Desa Karta Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI mencoba wahana speedboat dan bebek. (Foto: Eko Jurianto)

09 Februari 2020 15:34:54 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Danau Batang Hari Siku yang juga sebagai embung penampung air atau bendungan, kini telah disulap menjadi salahsatu magnet wisata keluarga yang ada di Bumi Serepat Serasan.

Danau Batang Hari Siku sendiri memiliki luas kurang lebih 32 hektar persegi, yang terletak di Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Sebelumnya, tidak terlalu populer dengan nama Danau Batang Hari Siku ini, tetapi setelah dibanahi menggunakan APBD PALI Tahun 2019 dengan dana Rp 24,3 Miliar, danau ini menunjukkan pesonanya.

Terlebih lagi, pengunjung mengalami peningkatan di akhir pekan. Hal ini lantaran, permainan wahana bebek serta speedboat disediakan oleh warga sekitar dengan harga sewa yang sangat terjangkau.

Riangga (28) salah satu pengunjung warga Kecamatan Talang Ubi mengatakan, bahwa dirinya dengan sengaja berkunjung ke Desa Karta Dewa untuk berwisata ke Danau Batang Hari Siku bersama teman perempuannya.

"Suasanya asik menghabiskan waktu sore hari dipinggiran danau bersama teman dan keluarga," ungkapnya, Minggu, (9/2/2020)

Suasana jelang matahari terbenam atau senja menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung Danau Batang Hari Siku. Ditambah lagi akses yang mudah dijangkau lantaran hanya berjarak 500 Meter dari pinggir jalan utama.

"Kendaraan baik mobil dan motor juga bisa masuk hingga pinggiran danau. Sehingga kita para pengunjung juga tak perlu repot berjalan kaki ke lokasi," jelasnya.

Kepala Desa Karta Dewa Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI, Yan Amran berkata, bahwa peruntukannya Danau Batang Hari Siku pihaknya belum tau persis.

Namun, lanjut dia, menurut pembicaraan yang beredar tengah masyarakat akan dibuat pariwisata di Bumi Serapat Serasan.

Kedepan pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak kecamatan, sehingga Danau Batang Hari Siku bisa diperlihatkan tujuan dan manfaatnya untuk masyarakat.

"Harapan kita nanti bakal dikembangkan kedepannya, sehingga bisa bermanfaat untuk desa," jelasnya.

 

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 611