Berita :: GLOBALPLANET.news

Jajaran direksi PT Bukit Asam saat mengikuti kegiatan menanam pohon MKP di bekas lahan tambang. (Foto: Eko)

11 Februari 2020 15:14:15 WIB

MUARA ENIM, GLOBALPLANET - HUT ke-39, PT Bukit Asam Tbk melakukan kegiatan Penanaman Pohon Kayu Putih di Iahan pasca-tambang BackfI/ling Pit 3 Banko Barat, Tanjung Enim. Sebanyak 2020 pohon Kayu Putih ditanam dalam kegiatan ini.

Kegiatan Penanaman 2020 Pohon Kayu Putih ini dibuka oleh Direktur Utama Bukit Asam, Arviyan Arifin, Selasa (11/2/2020).

Kegiatan ini melibatkan Komunitas Tanjung Enim Bersih, ratusan peserta dari karyawan Bukit Asam, jajaran pemerintah Kabupaten Muara Enim, hingga para siswa di Tanjung Enim. 

Melalui kegiatan Penanaman 2020 Pohon Kayu Putih ini, Bukit Asam mengajak masyarakat untuk terus menjaga kelestarian alam dengan menanam pohon. Selain itu, melalui kegiatan ini, Bukit Asam juga mengenalkan secara Iangsung kepada masyarakat cara yang ditempuh perusahaan dalam upayanya untuk menjaga lingkungan dengan mengemablikan fungsi Iahan pasca tambang dengan penanaman pohon. 

"Sesuai dengan komitmen dan visi perusahaan, seluruh Iahan pasca tambang pasti akan kami kembalnkan fungsinya seperti sedla kala. Kami akan terus berupaya dan terus berkomitmen untuk menjaga alam," ujar Arviyan. 

Bukit Asam telah lama membudayakan pohon Kayu Putih pada Iahan pasca tambangnya. Dipilihnya Pohon Kayu Putih ini bukan tanpa sebab. Pohon Kayu Putih dinilai memiliki ketangguhan dibanding dengan pohon lainnya karena pohon kayu putih dapat bertahan pada tempat dan Iahan yang kering dan tandus. Pohon kayu putih juga tahan terhadap panas, sehingga jika pohon kayu putih terbakar, dia dapat tumbuh kembali. 

Selain ketahanan pohon itu sendiri, kayu putih juga memiliki manfaat Iain. Melalui penanaman ribuan pohon kayu putih ini, diharapkan nantinya Bukit Asam dapat berkontribusi untuk masyarakat dengan melakukan pemberdayaan dalam pengolahan Pohon Kayu Putih menjadi Minyak Kayu Putih (MKP).

Reporter : Eko Editor : Zul Mulkan 50